Share

Kemlu: Sejauh Ini Belum Ada Rencana Penutupan KBRI di Ukraina

Jonathan Nalom, MNC Media · Minggu 27 Februari 2022 05:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 337 2553705 kemlu-sejauh-ini-belum-ada-rencana-penutupan-kbri-di-ukraina-xfb62UnSli.jpg Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah (Foto:istimewa)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada rencana untuk menutup atau menonaktifkan aktivitas Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kyiv, Ukraina.

“Sejauh ini belum ada rencana untuk menutup atau menonaktifkan aktivitas KBRI,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Teuku Faizasyah dalam keterangan pers virtualnya, Sabtu (26/2/2022).

Faizasyah menerangkan bahwa nantinya apabila kondisi di Kyiv tidak kondusif, pelaksanaan kegiatan KBRI tetap dapat dilanjutkan. Hal ini dengan memindahkannya di tempat yang lebih aman.

“Kalaupun kondisi di Kyiv tidak lagi kondusif untuk pelaksanaan kegiatan KBRI telah dipikirkan untuk kita mengalihkan kegiatan di tempat lainnya yang lebih bisa dipastikan tingkat keamanannya,” jelasnya.

“Jadi belum mengarah kepada suatu pengambilan sikap seperti yang di Afghanistan,” sambung dia.

Menurutnya, saat ini Pemerintah Indonesia tengah berusaha mengeluarkan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina.

Baca juga: Dibombardir Rusia, Ukraina Tutup Wilayah Udara untuk Penerbangan Sipil

Dia pun meminta turut mendoakan KBRI di Kyiv agar bisa memulangkan WNI yang tengah berada di Ukraina ke Tanah Air dengan selamat.

Baca juga: Indonesia Sampaikan Empat Sikap Terkait Konflik Rusia-Ukraina

“Oleh support kita bersama, mudah-mudahan mereka bisa di waktu yang tepat kita bisa keluarkan di tempat yang aman sehingga bisa kembali ke Tanah Air pada waktunya," tuturnya.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini