Share

PKS Nilai Hasil Survei Tak Bisa Dijadikan Dalil Perpanjang Masa Jabatan Presiden

Riezky Maulana, iNews · Sabtu 26 Februari 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 337 2553632 pks-nilai-hasil-survei-tak-bisa-dijadikan-dalil-perpanjang-masa-jabatan-presiden-LNPxgsoo53.jpg Hidayat Nur Wahid (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) turut mengomentari ramainya isu terkait wacana perpanjangan masa jabatan presiden. Menurutnya, hasil survei tak bisa digunakan sebagai dalil memperpanjang masa jabatan kepala negara.

Hal itu dikatakan HNW saat menanggapi hasil Indonesia Political Opinion (IPO) yang menunjukan mayoritas publik puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang belakangan penting untuk dikritisi adalah ketika hasil survei dijadikan alasan untuk memperpanjang masa jabatan presiden," kata HNW dalam Polemik MNC Trijaya bertajuk 'Menakar Kinerja Pemerintah dan Kepuasan Publik', Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga:  Soal Penambahan 3 Tahun Masa Jabatan, Fadjroel: Presiden Menolak!

Lebih jauh disampaikan, untuk memperpanjang jabatan presiden haruslah mengubah konstitusi. Aturan tersebut tercantum pada beberapa ayat di Pasal 37 UUD 1945 tentang Perubahan UUD.

"Untuk memperpanjang masa jabatan presiden baik itu periodenya 3, maupun tambah tahunnya, tambah 2 tahun, 1 tahun atau berapa pun itu, harus mengubah Undang-Undang Dasar," ungkapnya.

Atas dasar itu, dia menegaskan bahwasanya untuk mengubah UUD 1945 tidak bisa mengandalkan hasil survei. "Mengubah UUD itu tidak bisa pakai survei. Mengubah UUD ketentuannya sangat rijit ya, diatur di Pasal 37 Ayat (1), (2), (3), (4)," imbuhnya.

Baca Juga:  SMRC: 74 Persen Masyarakat Ingin Jabatan Presiden Hanya Dua Periode

Dalam catatan IPO, publik yang menyatakan sangat puas dan puas terhadap presiden mencapai 69%. Angka ini terbilang sangat tinggi dan mengalami peningkatan sebesar 19% dari periode survei sebelumnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini