Share

Perbaikan Rumah Warga Terdampak Gempa di Pasaman Barat Ditanggung Pemerintah

Felldy Utama, iNews · Sabtu 26 Februari 2022 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 337 2553610 perbaikan-rumah-warga-terdampak-gempa-di-pasaman-barat-ditanggung-pemerintah-TSF4QHCoYl.jpg Kerusakan akibat gempa di Pasaman Barat (Foto: Twitter @daryonoBMKG)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memastikan rumah warga yang rusak akibat gempa bumi Magnitudo 6,1 di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat 25 Februari 2022 akan diperbaiki pemerintah. 

Suharyanto menyampaikan, setelah tanggap darurat selesai, maka akan ada tahap peralihan. Tahap peralihan ini, kata dia, akan digunakan untuk rehabilitasi dan tahap rekonstruksi.

"Sekali lagi saya sampaikan mudah-mudahan ini tidak terlalu lama sehingga masyarakat yang rumahnya rusak, ini segera bisa kita perbaiki," kata Suharyanto dalam junpa persnya secara daring, Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga: Gempa Pasaman Barat, BNPB Harap Masa Tanggap Darurat Tak Diperpanjang

Jenderal bintang tiga itu menyampaikan bahwa dalam rapat koordinasi (Rakornis) bersama Forkopimda setempat telah disepakati bahwa proses perbaikan rumah warga akan dilakukan secara berjenjang oleh pemerintah.

"Tadi sudah sepakat, nanti yang rusak ringan akan diperbaiki oleh pemerintah Kabupaten, untuk yang rusak sedang oleh pemerintah provinsi, dan yang rusak berat oleh pemerintah pusat dalam hal ini nanti dikerjakan antara BNPB atau Kementerian PUPR," ujarnya.

Baca Juga: PVMBG Ungkap Penyebab Gempa 6,2 Magnitudo Pasaman Barat, Ini Analisanya

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini