Share

Humor Gus Dur: Kiai Pilih Poligami karena Tidak Boleh ke Diskotek Apalagi Tempat Prostitusi!

Tim Okezone, Okezone · Minggu 27 Februari 2022 05:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 337 2553537 humor-gus-dur-kiai-pilih-poligami-karena-tidak-boleh-ke-diskotek-apalagi-tempat-prostitusi-VUyZGTFE38.jpg Ilustrasi Humor Gus Dur. (Foto: NU Online)

JAKARTA - KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ternyata sering disarankan untuk menikah lagi. Pasalnya, seorang kiai yang 'hanya’ dikaruniai anak perempuan dirasa belum lengkap.

Gus Dur memang memiliki empat orang anak perempuan. Karena itu, dirinya sering diperkenalkan dengan perempuan-perempuan lain untuk 'nikah siri' demi mempunyai keturunan laki-laki.

Namun, dia menentang dan memilih 'kabur' dari perempuan-perempuan itu. Dalam sebuah kesempatan di peringatan Hari Kartini 2002 di Kota Yogyakarta, Gus Dur mengungkit perihal poligami ini.

“Karena kalau disebutkan poligami boleh dilakukan asal adil, dan yang menentukan adil tidaknya itu seharusnya adalah sang obyek, yaitu si perempuan,” ujar Gus Dur.

Sang istri, Shinta Nuriyah yang ikut mendampingi terlihat tersenyum simpul. Walau di depan istrinya, Gus Dur tetap menyelipkan guyonan terkait poligami. Demikian dilansir dari laman NU.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Saat itu, Gus Dur mempertajam pernyataannya dengan sebuah analisis di balik alasan kiai NU banyak yang poligami.

“Ya gimana lagi, lha kiai itu datang ke diskotek aja enggak boleh, ke tempat prostitusi apalagi. Ya sudah satu-satunya jalan ya poligami itu!” tuturnya,

Sikap Gus Dur tersebut tak lepas dari pola pikirnya tentang kesetaraan gender. Sang ayah, KH Wahid Hasyim banyak menjadi suri tauladannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini