Share

MUI Sarankan Menag Yaqut Minta Maaf

Widya Michella, MNC Media · Jum'at 25 Februari 2022 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 337 2553244 mui-sarankan-menag-yaqut-minta-maaf-2E8zqirvn6.jpg Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto : Instagram)

JAKARTA - Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan menyarankan agar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta maaf atas pernyataan suara azan dan gonggongan anjing.

"Atas dasar itu menurut hemat saya sudahlah tidak usah menimbulkan kegaduhan yang panjang. Kita minta beliau menyampaikan permintaan maaf, toh permintaan maaf bukan pekerjaan yang hina tetapi malah mulia," kata Amirsyah dalam diskusi virtual, Jumat,(25/2/2022).

Ia mengatakan bahwa agama Islam telah mengajarkan setiap orang untuk saling memaafkan sesama manusia. Karena, hal tersebut lanjutnya merupakan pekerjaan mulia.

"Setelah itu diharapkan tidak lagi ada satu pernyataan pernyataan yang membuat masyarakat gaduh,"ujar dia.

Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan bahwa membandingkan suara adzan dengan suara gonggongan anjing merupakan sebuah qiyas ma'al fariq" yakni qiyas yang tidak benar perbandingannya sebab tidaklah sama satu sama lain.

"Perbandingan nya enggak apel to apel jadi tidak bisa diperbandingkan, Itu Logika yang tidak tepat dalam istilah semantik atau bahasa. Oleh karena itu maka diksi ini sangat tidak tepat akan bertentangan,"kata dia

"Karena di satu sisi substansi azan adalah panggilan suci sedangkan di sisi lain kata-kata anjing menggonggong itu suatu hal yang tidak bisa kita bandingkan," tuturnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini