Share

Kisah Hoegeng Hobi Melukis: Cat Lukis Tak Pernah Dipakai, Hanya Dicium-cium

Fay Cilla, Okezone · Sabtu 26 Februari 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 337 2553040 kisah-hoegeng-hobi-melukis-cat-lukis-tak-pernah-dipakai-hanya-dicium-cium-EYAc18rUq0.jpg Hoegeng memiliki bakat melukis sejak remaja. (Ist)

HOEGENG Iman Santoso lahir pada 14 Oktober 1921. Hoegeng merupakan sosok teladan Polri karena komitmennya untuk selalu jujur, disiplin, dan sederhana.

Hoegeng menjadi Kapolri pada pemerintahan Presiden Soeharto zaman Orde Baru pada 9 Mei 1968 sampai 2 Oktober 1971.

Tak hanya komitmennya yang teguh, Hoegeng memiliki bakat melukis yang sejak remaja. Hoegeng dikenal sebagai seniman dengan aliran naturalis.

Awalnya, ia sering membuat karikatur. Namun, kemudian berganti objek menjadi pemandangan dan bunga.

Bakat melukis Hoegeng itu diturunkan kepada anak sulungnya, Rani yang berkuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan mengambil jurusan seni budaya.

Hoegeng dan anaknya adakalanya sering berebut alat lukis terutama cat yang mereka gunakan. Cat tersebut bermerek Rembrandt, diambil dari nama pelukis asal Belanda Rembrandt Harmenszoon van Rijn. Pada saat itu cat merek tersebut merupakan cat merek yang mahal harganya.

Hoegeng mengaku eman-eman (sayang-sayang) jika menggunakan cat tersebut untuk melukis. Sebab, jika sudah melukis menggunakan cat tersebut dan habis terpakai, Hoegeng tak mampu membelinya kembali.

“Karena eman-eman, cat perwarna lukisan itu Hoegeng tidak pernah dipakai, tetapi hanya dicium-cium saja, setelah itu disimpan lagi,” ucap Hoegeng dalam Hoegeng Polisi dan Mentri, Sabtu (26/2/2022). (erh)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini