Share

Wacana Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Ini Respons Satgas

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 24 Februari 2022 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 337 2552607 wacana-vaksin-covid-19-dosis-keempat-begini-kata-satgas-1MXatORCd3.jpg Ilustrasi (Foto : MPI/Istimewa)

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melontarkan wacana vaksinasi Covid-19 dosis keempat. Wacana itu disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono beberapa waktu lalu. Meski begitu, keputusan ini masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Merespons hal tersebut, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa Satgas akan mendukung apapun bentuk upaya vaksinasi untuk pencegahan penularan Covid-19. “Satgas mendukung apapun bentuk upaya vaksinasi,” kata Wiku saat Konferensi Pers secara virtual, Kamis (24/2/2022).

Wiku pun menegaskan bahwa saat ini yang penting harus dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yakni penerapan protokol kesehatan yang disiplin. “Namun tetap menitikberatkan pada pentingnya penerapan protokol kesehatan yang disertai pemahaman masyarakat yang baik untuk pencegahan infeksi Covid-19 yang utama.”

Sementara itu, Wiku mengatakan bahwa prinsip dari vaksinasi pertama dan kedua adalah membuat orang yang belum terlindungi menjadi terlindungi dari Covid-19.

“Prinsipnya vaksinasi pertama dan kedua membuat orang yang belum terlindungi menjadi terlindungi. Serta mempertahankan perlindungan pada orang yang sudah divaksin sebelumnya agar tetap terlindungi dengan vaksin booster,” kata Wiku.

Namun, Wiku mengatakan saat ini program vaksinasi nasional masih berfokus untuk menjangkau sasaran masyarakat yang belum divaksin agar lebih terlindungi.

“Tentunya program vaksinasi akan lebih berfokus menjangkau sasaran yang belum divaksinasi. Di satu sisi pemerintah tetap memperhatikan orang-orang yang telah divaksin agar semakin terlindungi,” tegas Wiku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini