Share

Kisah Megawati dan Putri Hoegeng Rebutan Cat Warna untuk Melukis

Fay Cilla, Okezone · Jum'at 25 Februari 2022 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 337 2552500 kisah-megawati-dan-putri-hoegeng-rebutan-cat-warna-untuk-melukis-W47EUpWG2r.jpg Hoegeng. (Ist)

HOEGENG ialah polisi teladan yang menjadi cerminan Polri hingga saat ini. Sifat Hoegeng yang sederhana, jujur, dan selalu menerapkan kedisiplinan dalam menjalankan tugasnya dari polisi biasa hingga menjadi Kapolri.

Hoegeng menjadi Kapolri ke-5 pada masa Orde Baru pemerintahan Presiden Soeharto.

Nama lengkapnya ialah Hoegeng Imam Santoso lahir di Pekalongan pada 14 Oktober 1921. Akrab dipanggil dengan nama Hoegeng. Siapa tak kenal Hoegeng? Semasa perjalanan hidupnya ia selalu menolak berbagai pemeberian yang mengatasnamakan karena ia menjabat sebagai pejabat penting di negeri ini.

Namun, dalam keluarga ia adalah sosok yang sangat penyayang dan juga tegas terhadap keluarganya. Di balik sosok Hoegeng dengan komitmen terhadap sifatnya, ia juga memiliki hobi melukis dan membuat karikatur.

Hobi yang ia tekuni itu merupakan bakatnya yang sudah ada sejak ia remaja. Ternyata tak hanya Hoegeng yang memiliki bakat tersebut dalam keluarganya. Putri sulung Hoegeng, Reni juga mewarisi bakat melukis dari Hoegeng.

Reni diketahui saat itu merupakan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (ITB) mengambil jurusan Seni Rupa. Saat ia masih duduk di SMA Perguruan Cikini, Jakarta, Reni sekelas dengan putri Bung Karno, Megawati Soekarnoputri yang sempat menjadi Wakil Presiden Indonesia dan Presiden Indonesia.

Hoegeng dan Reni adakalanya sering berebut peralatan jika ingin melukis. Salah satu peralatan yang menjadi rebutan adalah cat pewarna untuk melukis, yang dipakai Hoegeng dan anaknya. Kebetulan, alat lukis yang dipakai dikenal cukup bagus dan mahal harganya. Mereknya, Rembrandt, diambil dari nama pelukis asal Belanda Rembrandt Harmenszoon van Rijn. Itulah alasan mengapa Hoegeng dan Reni putri sulungnya sering berebut alat melukis.

Sumber : Buku Hoegeng Polisi Dan Mentri

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini