Share

PPDI Jatim Sinergi dengan DPD RI Perjuangkan Kesejahteraan Perangkat Desa

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 Februari 2022 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 337 2552369 ppdi-jatim-sinergi-dengan-dpd-ri-perjuangkan-kesejahteraan-perangkat-desa-1xwSPHMkZx.jpg Ketua DPD RI La Nyalla (Foto: DPD RI)

SURABAYA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menerima aspirasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Provinsi Jawa Timur di sela-sela kegiatan resesnya di Jawa Timur, Kamis (24/2/2022).

PPDI Jawa Timur menyatakan siap bersinergi dan berkolaborasi dengan DPD RI untuk memperjuangkan kesejahteraan perangkat desa.

Hadir pada kesempatan itu Ketua PPDI Jatim, Gatot Suyatman, Sekretaris PPDI Jatim Soedjoko, Wakil Ketua IV PPDI Jatim Sali S dan Seksi Bidang Pendampingan Hukum PPDI Jatim Warseno.

Sekretaris PPDI Jatim Soedjoko menjelaskan, ada beberapa aspirasi yang disampaikannya kepada LaNyalla. Pertama berkaitan dengan revisi UU Desa.

"Kedua mengenai status perangkat desa. Gaji perangkat desa itu kalau bisa diambil dari APBN," kata Soedjoko.

Ia sependapat dengan LaNyalla bahwa gaji perangkat desa bisa dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAU) yang bisa dialokasikan oleh Pemda.

"Kami sependapat dengan DPD RI bahwa gaji perangkat desa terdiri dari DAU yang bisa dari DAU Pemda," tutur dia.

Mengenai unsur kewilayahan yang hilang dan menjadi konflik, Soedjoko berharap agar hal itu dapat dikembalikan statusnya. "Jadi, kami merasa siap bersinergi dan berkolaborasi dengan DPD RI," ujarnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menegaskan jika persoalan perangkat desa memang menjadi konsentrasi lembaganya.

"Selain guru honorer, kami menaruh perhatian lebih pada perangkat desa," kata LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu mengucapkan terima kasih kepada PPDI Jatim yang siap berkolaborasi, bersinergi dan berjuang bersama-sama dengan DPD RI.

"Tentu ini menjadi semangat bagi kami untuk menyerap aspirasi dan memperjuangkannya di tingkat nasional," terang LaNyalla.

LaNyalla menilai perangkat desa perlu diberikan kewenangan dan kesejahteraan mereka harus diperhatikan dengan baik oleh negara.

"Perangkat desa merupakan unit terkecil dari negara ini. Tentu aspek kesejahteraan menjadi bagian penting yang harus diperhatikan," ujar LaNyalla.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini