Share

4 Aksi KKB Papua yang Meresahkan, Menyerang TNI hingga Sipil

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 24 Februari 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 337 2552020 4-aksi-kkb-papua-yang-meresahkan-menyerang-tni-hingga-sipil-7IGnvl2tPm.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com/Istimewa)

AKSI Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua terus melakukan teror. Teror tersebut mulai dari perusakan, pembakaran, penyerangan, hingga penembakan. Sasaran yang dilakukan oleh KKB ini tidak hanya aparat keamanan, namun warga sipil pun menjadi korban kekejaman oleh KKB.

Berikut aksi KKB di Papua yang meresahkan:

1. 19 Februari 2022

KKB melakukan penyerangan terhadap seorang prajurit TNI yaitu Satgas Lanud Kopasgat di Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia Kabupaten Puncak, Sabtu (19/2/2022). Akibatnya Praka Fermansyah terkena tembakan pada bagian bahu kanan. Korban yang tertembak merupakan anak bangsa Indonesia asli Papua dari Suku Biak. Serangan itu diduga dilakukan oleh kelompok Luki Murib yang biasa mengawasi daerah Bandara Aminggaru Ilaga.

2. 19 Februari 2022

Penembakan KKB lainnya juga terjadi pada Sabtu (19/2/2022). Seorang karyawan PT Martha Tunggal Teknik ditembak di dekat Tugu Kampung Kago Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Papua. Korban mengalami luka tembak dari rusuk kiri tembus ke kanan. Ketika itu, korban bersama temannya menggunakan truk PT MTT menuju kampung Kago Distrik Ilaga Kabupaten Puncak untuk mencari jaringan internet serta mencari galon air minum. Sesampainya di dekat Tugu Kampung Kago, KKB mendekati dan melakukan penembakan.

3. 5 Februari 2022

KKB kembali berulah. Kali ini KKB melakukan penyerangan terhadap prajurit TNI di Pos Titigi Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Sabtu (5/2/2022). Akibatnya, Prada Giyade Ramadhani Fattah tertembak. Korban pun langsung dievakuasi ke Pos Kotis Mamba dengan menggunakan Helikopter TNI AU Caracal dan Penerbad Bell-412EP dari Hanggar Bandara Mozes Kilangin Timika.

4. 17 Januari 2022

KKB melakukan penyerangan kepada Prajurit TNI di Bukit Tepuk Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua pada Senin (17/1/2021). Penembakan berlanjut hingga kontak senjata. Akibat penyerangan ini, dua orang personel dari Satgas Pamtas Mobile Yonif R 408/SBH terkena tembakan hingga menyebabkan mereka meninggal dunia. Dua prajurit yang meninggal adalah Serda Rizal dan Pratu Baraza.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini