Share

10 Pantai Selatan Jawa yang Dikenal Angker, Ada yang Sudah Telan Belasan Korban Jiwa

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 23 Februari 2022 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 337 2551879 10-pantai-selatan-jawa-yang-dikenal-angker-ada-yang-sudah-telan-belasan-korban-jiwa-PKfSTTS3tJ.jpg Pantai Selatan menyimpan banyak misteri (Foto: MPI)

LEGENDA di Pantai Selatan tak pernah lepas dari cerita Nyi Roro Kidul. Ratu Pantai Selatan itu menjadi ikon mistis di Selatan Pulau Jawa.

Mitos yang sudah berada sejak lama itu masih merebak dan dipercaya hingga detik ini. Nyi Roro Kidul juga menjadi legenda yang menarik dan membuat pantai-pantai di selatan Jawa terkesan mistis.

Berikut daftar 10 pantai selatan Jawa yang angker / mistis dari Jawa Barat hingga ujung Jawa Timur:

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan lokasi wisata yang berada di kota Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Perairan Pelabuhan Ratu adalah perairan pantai selatan Jawa yang berhubungan langsung dengan Samudera Hindia.

Melansir artikel dari program studi Ilmu Kelautan Universitas Sriwijaya (Unsri) bertajuk ‘Simulasi Pola Arus Dua Dimenasi di Perairan Teluk Pelabuhan Ratu pada Bulan September 2004’, karakteristik oseanografi perairan Pelabuhan Ratu sangat dipengaruhi oleh karakteristik oseanografi Samudera Hindia.

Satu hal yang sangat terkenal dari pantai ini adalah keberadaan sosok Nyi Rori Kidul, sang penguasa laut selatan Jawa. Hal tersebut menjadikan lokasi pantai Pelabuhan Ratu terkesan magis dan cukup mistis. Dalam jurnal Media Wisata dengan judul ‘Kearifan Lokal Pantai Laut Selatan (Mitos Nyi Roro Kidul) Sebagai Desa Wisata dan Asset Kabupaten Sukabumi’ disebutkan bahwa keberadaan mitos seputar Nyi Roro Kidul memang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut.

Banyak pula versi yang beredar di lokasi ini terkait keberadaan Nyi Roro Kidul. Sementara itu, masyarakat di sekitar Pelabuhan Ratu percaya, jika legenda Nyi Roro Kidul yang sangat terkenal tersebut merupakan sebuah aset yang bisa menghasilkan pendapatan dari banyaknya wisatawan yang datang.

2. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu berada di kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Sama seperti Pelabuhan Ratu, pantai ini juga sangat terkenal di Sukabumi dan dikatakan mistis.

Ada satu ciri khusus dari pantai Karang Hawu, yakni tebing yang menjorok ke laut dan sangat indah. Menurut mitos dan kepercayaan warga setempat, tebing yang menjorok ke laut tersebut merupakan singgasana milik Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan.

Hal tersebut menjadikan lokasi ini sebagai favorit sang Ratu. Kepercayaan itu menular hingga ke para wisatawan. Banyak dari mereka yang sengaja mencuci muka atau sekadar membasuh muka di tebing ini. Bahkan, ada yang memasukkan air laut ke dalam botol untuk dibawa pulang.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

3. Pantai Sodong

Pantai Sodong berada di Desa Karang Benda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Warga sekitar pantai ini sering menyebutnya dengan Pantai Selok, karena memang keberadaannya yang dekat dengan Perbukitan Selok (Gunung Srandil).

Pantai Sodong menyimpan misteri yang hingga kini belum terpecahkan. Di pantai tersebut ada sebuah gua yang kerap didatangi masyarakat untuk bertapa. Saat berada di kawasan pantai sodong ini, masyarakat atau pengunjung dianjurkan untuk tetap berlaku sopan.

4. Pantai Ayah

Pantai Ayah atau juga disebut Pantai Logending berada 8 km selatan Gua Jatijajar, atau 53 km dari kota Kabupaten Kebumen, tepatnya di Desa/Kecamatan Ayah.

Pantai Ayah merupakan objek wisata pantai yang memiliki keindahan alam sangat menawan.

Pantai wisatanya cukup luas, apalagi saat ini sudah bebas pandangan, dengan dilarangnya mendirikan warung-warung di sentral pandangan. Sehingga para wisatawan bisa lebih asyik menikmati pemandangan yang ada tanpa terganggu pandangan yang kurang sedap.

Selain pantainya yang cukup lapang, para wisatawan juga bisa menikmati indahnya muara sungai Bodo, dengan perahu-perahu pesiar yang disediakan para nelayan setempat.

Dari berbagai cerita yang beredar, Pantai Ayah disebut salah satu pantai yang menjadi pintu gerbang menuju Keraton Nyi Roro Kidul.

5. Pantai Menganti

Pantai Menganti di Kabupaten Kebumen menjadi lokasi yang dipercaya akan larangan pada pengunjungnya mengenakan pakaian warna hijau. Kepercayaan yang telah diyakini masyarakat dan disebar luaskan pada pelancong, menyebabkan tidak sedikit pula pengunjung yang menaatinya.

Untuk mencegah dan menghindari marabahaya pengunjung pun rela memilih warna pakaian lain. Pasalnya, menurut cerita rakyat setempat, jika ada pengunjung yang mengenakan pakaian warna hijau, Nyi Roro Kidul selaku penguasa lautan yang dipercaya turun-temurun itu akan datang menjemput.

6. Pantai Parangkusumo

Bergeser ke wilyah Bantul, Yogyakarta, ada Pantai Parangkusumo yang juga terkenal mistis. Pantai Parangkusumo terletak di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Pantai ini dipercaya sebagai gerbang masuk kerajaan Laut Selatan yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul. Pengunjung akan dengan mudah merasakan kesakralan di pantai ini, sebab di sinilah terjadi pertemuan antara Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul.

Sebuah artikel berjudul ‘Budaya Spriritual dalam Ritual di Pantai Parangkusumo-Yogyakarta’ menyebut, setiap tahun, tepatnya hari ke-30 dari kalender Jawa bulan Rajeb akan dilaksanakan ritual sakral di pantai ini. Sesajen berupa makanan, bunga, pakaian, kuku dan rambut Sultan juga disediakan dan dilempar ke laut lepas.

Di sisi lain, pantai ini juga menyajikan beragam wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Seperti paralayang, berkeliling dengan delman, naik ATV, atau bahkan mengendarai kuda sendiri dan berjalan-jalan menikmati indahnya pantai Parangkusumo. Para wisatawan juga bisa menikmati keindahan air terjun Parang Endog di sisi timur pantai.

7. Pantai Parangtritis

Masih berdekatan dengan Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis pun kental akan mitos seputar Nyi Roro Kidul. Jurnal Domestic Case Study 2018 dengan judul ‘Pantai Parangtritis di Daerah Istimewa Yogyakarta’ menyebut, pantai ini merupakan pantai di Yogyakarta yang paling banyak menyumbang pendapatan daerah.

Nama Parangtritis konon bermula saat ada seseorang dari Kerajaan Majapahit bernama Dipokusumo yang melarikan diri. Ia bersemedi di pantai itu dan melihat ada air menetes atau tumaritis dari sela-sela batu karang atau parang. Ia kemudian menamai wilayah tersebut sebagai Parangtritis, artinya air yang menetes dari batu. Lokasi ini diyakini pula sebagai tempat pertemuan Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga, seusai Panembahan Senopati melakukan pertapaan.

Ada sebuah mitos lain yang beredar di pantai ini, yakni pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan pakaian berwarna hijau. Sebab, Nyi Roro Kidul amat menyukai warna tersebut dan bisa saja si pengunjung diambil untuk prajurit kerajaannya.

Akan tetapi, ada penjelasan ilmiah untuk hal tersebut. Pantai laut selatan memiliki air laut berwarna hijau dengan ombak yang cukup ganas. Sangat berbeda dengan air laut kebanyakan yang berwarna biru.

Apabila ada pengunjung yang tergulung ombak dan mengenakan baju hijau, maka sangat dikhawatirkan akan mempersulit tim pencari atau SAR dalam melakukan pencarian korban.

8. Pantai Payangan

Pantai Payangan di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember masuk dalam daftar pantai selatan Jawa yang misteri. Tragedi pun kerap terjadi di pantai ini. Salah satunya tragedi terseretnya puluhan warga yang melakukan ritual, Minggu (13/2/2022).

Kejadian itu mengakibatkan 11 orang tewas akibat tenggelam setelah terseret arus Pantai Payangan. Pantai Payangan Jember ini memang tidak bisa dilepaskan dari sosok Nyi Roro Kidul, sosok mahkluk halus yang dipercaya sebagai penunggu laut atau pantai selatan Jawa.

9. Pantai Klayar

Pantai selatan jawa yang menyimpan misteri berikutnya yakni Pantai Klayar di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai ini memang berada di gugusan selatan Jawa. Keberadaan Pantai Klayar ini tidak lepas dari kisah yang tersebar di kalangan masyarakat di pantai tersebut yakni sosok Nyai Roro Kidul.

10. Pantai Parangkursi

Pantai selanjutnya di selatan Jawa yang dipandang mistis adalah Pantai Parangkursi. Pantai ini berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Satu hal yang menjadi ciri khas pantai ini adalah keberadaan sebuah karang yang menyerupai kursi. Berdasarkan mitos dan kepercayaan yang beredar, karang tersebut merupakan tempat kemunculan Nyi Roro Kidul jika ingin menampakkan diri ke dunia manusia.

Namun demikian, pantai ini tidak begitu terkenal dan belum banyak dijamah wisatawan lantara minimnya sarana dan prasarana di lokasi tersebut. Meskipun terkenal mistis dan tidak begitu ramai, namun pantai ini menjanjikan pemandangan yang sangat indah, disertai suara deburan ombak yang sangat menenangkan.

Demikian deretan 10 pantai selatan jawa yang angker / mistis karena mitos adanya Nyi Roto Kidul.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini