Share

Jokowi : Instrumen Peringatan Dini Harus Terus Diupgrade

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 23 Februari 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 337 2551666 jokowi-instrumen-peringatan-dini-harus-terus-diupgrade-ZlO8rzabse.jpg Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengecek secara rutin pengadaan alat dan instrumen-instrumen peringatan dini. Hal tersebut penting dilakukan karena menyangkut keselamatan masyarakat.

"Instrumen-instrumen peringatan dini harus terus diupgrade dan dicek secara rutin, ini yang sering kita tidak disiplin di sini. Cek secara rutin," ujar Jokowi dalam sambutannya pada acara Rakornas Nasional Penanggulangan Bencana tahun 2022, Rabu (23/2/2022).

"Saya tahu, tidak semua pengadan alat ini oleh BNPB tapi saya minta BNPB ikut terlibat dan mengingatkan kementerian Lembaga terkait untuk menjalankan tugas karena ini sekali lagi menyangkut keselamatan rakyat," imbuhnya.

Jokowi juga meminta BNPB mengecek dan terus menyiagakan jalur evakuasi bagi masyarakat.

Selain itu, Jokowi meminta agar infrastruktur untuk mengurangi risiko bencana harus terus ditingkatkan. Hal tersebut harus dilakukan bersama-sama pemerintah dan masyarakat.

"Sebagai misal vegetasi penghambat ombak tsunami atau taifun karena kita tahu perubahan iklim dunia nanti arahnya akan semakin mengerikan. Semua negara juga sudah ngeri dan sudah mengalami bencana yang sebelumnya tidak ada, kemudian ada karena perubahan iklim," tuturnya.

Terkait bencana tsunami, Jokowi berharap daerah pesisir pantai dapat menanam mangrove serta tanaman asosiasi seperti nipah hingga cemara pantai. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya bencana tsunami.

"Saya kira mangrove dan tanaman asosiasi seperti nipah, cemara pantai, kasuarina dengan berasosiasi dengan waru laut, ketapang, nyamplung dan kelapa, ini harus banyak-banyak kita tanam di daerah pesisir pantai yang banyak bencana tsunami atau pun taifun harus terus ditambah," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini