Share

BNPB Bangun Lima Pusat Logistik untuk Percepat Mitigasi Bencana

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 23 Februari 2022 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 337 2551636 bnpb-bangun-lima-pusat-logistik-untuk-percepat-mitigasi-bencana-CjMouhk2qv.jpg Kepala BNPB Suharyanto (Foto: Humas BNPB)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto menyebutkan pihaknya akan membangun lima pusat logistik nasional untuk mempercepat proses penanggulangan bencana.

Hal tersebut ia sampaikan dalam pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana 2022 yang juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara secara virtual pada Rabu (23/2/2022).

"Pada kesempatan ini kami sampaikan bahwa kami telah dan terus menindaklanjuti arahan yang sudah bapak Presiden sampaikan pada rakornas rakornas BNPB sebelumnya," ujar Suharyanto.

Pentingnya pencegahan dan mitigasi menjadi perhatian BNPB. Pihaknya telah membuat serangkaian program terintegrasi mulai dari kajian risiko bencana, edukasi dan literasi kebencanaan, penyiapan sistem peringatan dini yang mendukung upaya kedaruratan dan evakuasi masyarakat, serta penyiapan jalur dan tempat evakuasi.

"Kami pastikan bahwa negara selalu hadir pada kesempatan pertama untuk mendukung pemerintah daerah dan masyarakat terdampak bencana," tegas Suharyanto.

Baca juga: Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana, Jokowi: Indonesia Harus Jadi Bangsa Tangguh

Ia memberikan contoh saat terjadi bencana Lumajang pasca guguran awan panas Gunung Semeru maupun saat bencana gempa di Pandeglang pada pertengahan Januari 2022 lalu.

Baca juga: Banjir Bandang Menerjang Sitaro Sulut, 108 KK Mengungsi

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

"Efisiensi penanganan darurat bencana ini kami tingkatkan dengan membentuk pusat logistik kawasan seperti di provinsi Sumatera Barat untuk regional Sumatera dan akan dikembangkan di enam kawasan lain yaitu Banjarmasin, Sidoarjo, Kupang, Gorontalo, Ambon, dan Biak," ungkap Suharyanto.

Suharyanto menekankan pentingnya keberadaan relawan peduli bencana di tiap daerah juga turut mendukung upaya sosialisasi dan edukasi di masyarakat pada saat tanggap darurat terjadinya bencana.

Baca juga: Bagikan 100 Ribu Masker ke Masyarakat Cimahi, Kepala BNPB Ingatkan Prokes

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini