Share

Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 untuk Jamaah Internasional Bergantung Situasi Pandemi Covid-19

Muhammad Farhan, MNC Portal · Senin 21 Februari 2022 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 337 2550844 pelaksanaan-ibadah-haji-2022-untuk-jamaah-internasional-bergantung-situasi-pandemi-covid-19-YVX7clTT8M.jpg Dubes Arab Saudi Esam Abid Al-Thagafi (Foto: MNC Portal)

JAKARTA  – Pelaksanaan ibadah haji 2022 sekitar empat bulan lagi. Namun hingga kini Pemerintah Indonesia belum mendapat kepastian dari Pemerintah Arab Saudi apakah tahun ini Arab Saudi kembali membuka pintu bagi jamaah haji internasional atau tidak. Tahun lalu, Arab Saudi hanya mengizinkan pelaksanaan haji untuk jamaah domestik.

MNC Portal Indonesia menanyakan hal ini kepada Duta besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Al-Thagafi dalam pertemuan di kantornya, Senin (21/2/202) siang. Menurut Duta Besar Esam, dibuka atau tidaknya pintu bagi calon jamaah haji internasional termasuk dari Indonesia sangat bergantung situasi pandemi Covid-19.

“Kita tidak bisa buru-buru. Pandemi masih berlangsung. Hal inilah yang terus kami pantau dan menjadi dasar utama dibuka atau tidaknya izin bagi jamaah haji internasional tahun ini,” jelas Duta Besar Esam.

Baca juga: Ini Alasan Kemenag Usulkan Kenaikan Biaya Haji Jadi Rp45 Juta

Apabila situasi mendukung, dalam hal ini angka Covid-19 terus menurun, Pemerintah Arab Saudi kemungkinan akan mengundang kembali jamaah haji internasional. Kuota setiap negara akan sangat dibatasi berdasarkan persentase, bukan jumlah.

Baca juga: Biaya Haji Naik Jadi Rp45 Juta, Ini Penyebabnya

Pada tahun lalu, Arab Saudi hanya membuka ibadah haji untuk jamaah yang berada di dalam negeri, yakni warga lokal dan ekspatriat di sana. Kuota totalnya hanya 60.000 jamaah yang berusia 18-65 tahun.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini