Share

Risma Pastikan Tak Ada Lagi Data Ganda Penerima Bansos

Riezky Maulana, iNews · Senin 21 Februari 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 337 2550607 risma-pastikan-tak-ada-lagi-data-ganda-penerima-bansos-JChRHTfcB8.jpg Mensos pastikan tak ada data ganda penerima bansos (Foto: MNC Portal)

PASURUAN - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memastikan tidak ada lagi data ganda ihwal Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako, Senin (21/2/2022). Hal itu dipastikan Risma saat meninjau percepatan pencairan di Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dia menuturkan, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk bantuan sosial sudah disesuaikan dengan data kependudukan atau NIK.

"Insya Allah data ganda sudah enggak ada. Karena data kami 142 juta itu bukan semua penerima bansos. Itu semua pada dengan data kependudukan, kalau ganda kan berarti data penduduknya dobel, ini enggak," ujar Risma.

Dia menuturkan, total Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kabupaten Pasuruan yaitu sebanyak 7.823. Per tanggal 20 Februari 2022 KKS yang sudah tersalur 2.397 dan KKS belum tersalur 5.426.

Oleh karena itu, Risma meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk melakukan kontrol rutin dan bertindak pro aktif ke masyarakatmasyarakat yang menerima bantuan.

Baca juga: 5 Ribu KKS Belum Terima Kartu Sembako, Mensos: Mudah-mudahan 3 Hari Bisa Dituntaskan

"Saya berharap pemda pro aktif karena harus ada kontrol rutin yang bisa memantau penerima bantuan kondisinya itu seperti apa," jelasnya.

Dia menegaskan, dalam waktu 2 hari, 5.000 bantuan yang belum dapat tersalurkan itu sudah bisa selesai. Menurut dia, belum rampungnya hal tersebut memang harus dipaksakan.

Baca juga: Mensos Risma: Secara Pribadi Saya Dukung Herry Wirawan Dihukum Kebiri!

"Memang ada yang belum terealisasi. Ini kita paksakan untuk kabupaten pasuruan 2 hari harus kelar 5.000an itu," ungkapnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini