Share

Heboh! Ada Wayang Mirip Ustadz Khalid Basalamah di Pertunjukan Gus Miftah

Tim Okezone, Okezone · Senin 21 Februari 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 337 2550593 heboh-ada-wayang-mirip-ustadz-khalid-basalamah-di-pertunjukan-gus-miftah-nTO2SNymDm.jpg Wayang mirip Ustadz Khalid Basalamah (Foto: Youtube Gedang Mas)

JAKARTA - Gus Miftah menggelar pertunjukkan wayang. Pertunjukan tersebut sekaligus menanggapi polemik wayang haram. Di mana, ada pernyataan Ustadz Khalid Basalamah yang dipersoalkan banyak pihak.

Sebelum pertunjukan dimulai, Gus Miftah mengingatkan agar tak usah terprovokasi. "Tak usah terprovokasi dengan orang yang mengatakan opo haram dimusnahkan dan lain sebagainya," ujar Gus Miftah seperti dilihat dari channel Youtube Gedang Mas, Senin (21/2/2022).

Baca Juga:  Wayang Lagi Heboh, Mahfud MD Siap Berhadapan dengan Ustadz Khalid Basalamah

Menurut Gus Miftah, wayang itu ada atau musnah tergantung orangnya sendiri. Sebab, mau dipertahankan kaya apapun kalau tak ada yang ingin melihat pertunjukan wayang pasti musnah.

"Wayang itu bisa langgeng atau musnah tergantung orangnya sendiri, orang Indonesia. Mau dipertahankan seperti apapun tapi gak ada yang nanggep ya musnah," katanya.

Ia pun mengajak agar memiliki kepedulian terhadap kesenian. Hal itu bertujuan agar jangan sampai anak cucu tidak kenal budaya.

Baca Juga:  Sandy Tumiwa Resmi Laporkan Ustadz Khalid Basalamah ke Bareskrim

Dalam pertunjukan wayang yang digelar di Pondok Pesantren Ora Aji itu, dimainkan oleh Dalang Ki Warseno. Saat pertunjukan dimulai, ternyata dimunculkan wayang yang penggambarannya mirip Ustadz Khalid Basalamah.

Wayang tersebut terlihat memiliki jenggot, dengan peci dan pakaian berwarna merah muda. Penampilan wayang tersebut mengundang gelak tawa penonton.

Sosok wayang yang mirip Ustadz Khalid Basalamah dipertemukan dengan tokoh pewayangan lainnya seperti Hanoman, Arjuna, Gatot Kaca. Kemudian, dipertemukan wayang dengan penggambaran sebagai pekerja seks komersial (PSK).

Saat dipertemukan dengan karakter wayang Baladewa, wayang yang mirip Ustad Khalid Basalamah pun dimusnahkan. Lagi-lagi, adegan itu disambut gelak tawa penonton.

Ceramah yang disampaikan Ustadz Khalid Basalamah saat menjawab pertanyaan jamaah tentang wayang dimusnahkan saja jika dalangnya ingin bertaubat menuai polemik. Kendati, dalam klarifikasinya, Ustadz Khalid menegaskan tidak ada kata-kata mengharamkan wayang.

"Saya ketika ditanyakan wayang, saya menyarankan alangkah baiknya, disarankan, kami sarankan, agar menjadikan Islam sebagai tradisi, bukan tradisi sebagai Islam. Tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan," kata Ustadz Khalid Basalamah mengklarifikasi pernyataannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini