Share

Humor Gus Dur: Ikan Hasil Curian Jadi Halal

Tim Okezone, Okezone · Minggu 20 Februari 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 19 337 2549932 humor-gus-dur-ikan-hasil-curian-jadi-halal-PBYTYJeEni.jpg Humor Gus Dur (Foto: istimewa)

JAKARTA - KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dikenal sebagai pemimpin dengan humornya yang kerap mengundang tawa siapa pun yang mendengarnya. Dalam guyonannya itu tak hanya membuat orang lain tertawa, namun terdapat juga pesan dan hikmah yang bisa diambil secara tersirat.

Dikutip dari laman Santri Gus Dur Komunitas Gusdurian Jogja, kiai karismatik ini santri dari Pondok Pesantren Salaf Asrama Perguruan Islam (Ponpes Salaf API), Tegalrejo, Magelang, Jawa Timur. Sekira tahun 1957–1959, Gus Dur pernah mondok di pesantren tersebut.

Saat itu Gus Dur masih jadi santri dan ada saja tingkah yang dia lakukan bersama teman-temannya. Suatu hari ia serta beberapa temannya merancang skenario pencurian ikan di kolam milik gurunya yaitu KH Chudlori.

Mereka berbagi tugas, teman-temannya yang melakukan aksi pencurian, sedangkan Gus Dur yang mengawasi keadaan sekitar.

Baca juga: Humor Gus Dur: No Smoking Singkatan Nahdlatoel Oelama Smoking

Ketika teman-temannya mulai mencoba masuk ke kolam ikan, sementara Gus Dur tidak ikut dengan dalih dia memang harus mengawasi karena takut ketahuan kiai bahwa santrinya berusaha mencuri ikan.

Pada pukul 01.00 WIB, KH Chudlori keluar rumah karena memang biasa terbangun di jam tersebut untuk sholat malam di masjid yang kebetulan melewati kolam ikan itu. Mengetahui gurunya bangun dari tidur, akhirnya para santri ini langsung lari.

Baca juga: Humor Gus Dur: Kereta Api Lebih Cepat dari Pesawat

Sementara Gus Dur masih di samping kolam dengan membawa ikan hasil curian teman-temannya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Mengetahui KH Chudlori menghampirinya, akhirnya Gus Dur berkata kepada gurunya tersebut bahwa ia telah berhasil mengusir pencuri yang ingin mengambil ikannya.

Setelah kiainya itu percaya bahwa Gus Dur telah menyelamatkan kolam ikannya dari para pencuri, akhirnya ia menghadiahi Gus Dur ikan yang sebelumnya memang telah diambil teman-temannya. Kemudian KH Chudlori mengizinkan Gus Dur ntuk memakannya bersama yang lainnya.

Teman-temannya pun mengetahui ini dan protes pada Gus Dur karena diduga Gus Dur sembunyi tangan. Namun akhirnya terbantahkan dan berdalih pada teman-temannya ini.

"Wong awakmu yo melu mangan iwake. Lagian, iwake saiki wis halal wong uwis entuk izin seko kiai (Kamu juga ikut makan ikannya. Lagi pula, ikan curian tersebut sudah halal, karena telah mendapat izin dari kiai)," kata Gus Dur.

Baca juga: Humor Gus Dur: Manusia yang Simpan Dendam Sampai 10 Tahun Itu Unta, Kok Bisa?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini