Share

Ade Emon, Perusak Kantor Desa Bojong Koneng Divonis 4 Bulan 15 Hari Penjara

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 18 Februari 2022 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 337 2549423 ade-emon-perusak-kantor-desa-bojong-koneng-divonis-4-bulan-15-hari-penjara-DseChsnl3p.jpg Ade Emon (pria) (Foto: Putra R)

BOGOR - Ade Bebed alias Ade Emon, pelaku perusakan Kantor Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor divonis 4 bulan 15 hari penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong pada 11 Februari 2022. Dia terbukti melakukan perusakan. 

"Hakim menilai Ade Emon terbukti secara sah dan meyakinkan secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap barang," kata pengacara Ade Emon, Alghiffari Aqsa dalam keterangan tertulis yang diterima MNC Portal, Jumat (18/2/2022).

Baca Juga: Diduga karena Dendam, 8 Pemuda Rusak Rumah Warga dengan Sajam

Terkait hal tersebut, timnya menyayangkan karena pemulihan untuk korban, penggantian barang, efek jera, dan kondisi ketertiban sudah terpenuhi di Bojong Koneng. Kasus ini seharusnya tidak perlu masuk pengadilan jika kepolisian dan kejaksaan sejak awal menerima permohonan keadilan restoratif, mengingat kerugian yang hanya sebesar Rp1.610.000.

"Meskipun demikian, tim advokasi tetap menghormati putusan majelis hakim," tegasnya. 

Selanjutnya, keluarga Ade Emon dan tim advokasi tidak mengajukan banding karena hukuman yang dijatuhkan ringan dibandingkan ancaman pidana Pasal 170 KUHP maksimum 5 tahun 6 bulan. Ade Emon pun bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Pondok Rajeg sejak 16 Februari 2022 lebih cepat dari jadwal sebelumnya yakni 20 Februari 2022.

"Sudah keluar karena ada asimilasi dan tidak banding 16 Februari kemarin," pungkasnya.

Baca Juga: Pria Mengamuk Rusak Tempat Karaoke Gegara Ribut Sama Istri

Untuk diketahui, berdasarkan surat dakwaan yang dikutip MNC Portal dari situs resmi PN Cibinong, terdakwa Ade Bebed alias Ade Emon bersama sama Ade Supriadi Als Ade Ayam (Daftar Pencarian Orang), Awang Saparudin (Daftar Pencarian Orang), pada Sabtu 2 Oktober 2021 sekira jam 10.30 WIB atau setidak-tidaknya pada waktu lain dalam bulan Oktober tahun 2021 atau setidak-tidaknya masih termasuk dalam tahun 2021 bertempat di Kantor Desa Bojong Koneng, RT 03 RW 04, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, atau setidak-tidaknya pada suatu tempat lain yang masih termasuk dalam daerah hukum PN Cibinong yang berwenang memeriksa dan mengadili, dengan terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang. Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 170 Ayat (1) KUHPidana.

Kedua, Ade Bebed alias Ade Emon bersama sama Ade Supriadi alias Ade Ayam (Daftar Pencarian Orang), Awang Saprudin (Daftar Pencarian Orang), pada hari Sabtu 2 Oktober 2021 sekira jam 10.30 WIB atau setidak-tidaknya pada waktu lain dalam bulan Oktober 2021 atau setidak-tidaknya masih termasuk dalam tahun 2021 bertempat di Kantor Desa Bojong Koneng, RT 03 RW 04 Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, atau setidak-tidaknya pada suatu tempat lain yang masih termasuk dalam daerah hukum PN Cibinong yang berwenang memeriksa dan mengadili, mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan dan yang turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja dan melawan hukum menghancurkan, merusakan, membikin tak dapat dipakai atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain. Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 406 Ayat (1) Jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini