Share

Babe Haikal Sebut Soekarno Tukang Penjarakan Ulama, Ini Reaksi Mengejutkan Megawati

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 18 Februari 2022 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 337 2549400 babe-haikal-sebut-soekarno-tukang-penjarakan-ulama-ini-reaksi-mengejutkan-megawati-AGTRRd5wkY.jpg Babe Haikal minta maaf/ ist

JAKARTA - Penceramah Haikal Hassan meminta maaf kepada pimpinan organisasi sayap PDI Perjuangan, DPN REPDEM atas pernyataannya yang dirasa mendiskreditkan sosok Bung Karno. Dimana, pada saat itu, Haikal Hassan meyebut Bung Karno sebagai pemimpin yang sering memenjarakan ulama.

(Baca juga: Reaksi Tegas TNI AD soal Poster Babe Haikal di Markas Pasukan Elite Para Raider Malang)

Ketua DPN Repdem Irfan Fahmi menuturkan, pihaknya menerima permintaan maaf dari pria yang akrab disapa Babe Haikal Hassan saat melakukan pertemuan di Jakarta.

"DPN Repdem menyatakan menerima permohonan maaf Bapak Haikal Hassan atas pernyataannya tersebut," ujar Fahmi, Jumat (18/2/2022).

(Baca juga: Kisah Intel Soeharto Perdayai Agen Rahasia KGB Rusia saat Soekarno Lengser)

Menurutnya, penerimaan permintaan maaf Haikal Hassan merupakan arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal itu kata dia, sebagai suatu kewajiban untuk memaafkan mereka yang mengaku salah.

"Kaum Nasionalis Soakarnois diajarkan untuk senantiasa memberikan maaf kepada siapapun yang telah melakukan kesalahan dan mengakui kekeliruannya," jelasnya.

Oleh karena itu dia berharap kepada Babe Haikal Hassan untuk tidak melakukan tindakan serupa di kemudian hari. Kemudian, untuk masyarakat di luar sana, diharapkan tidak melakukan penghinaan terhadap Bung Karno atau pendiri bangsa lain.

"Apalagi jika tokoh pendiri bangsa tersebut sudah wafat, karena hal itu tidak sesuai dengan ajaran Islam maupun ajaran agama-agama lainnya," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan. Menurutnya, Bung Karno juga memiliki banyak masalah terhadap umat Islam.

"Dalam sejarah, Bung Karno lah sebagai tokoh dunia yang pernah menyelamatkan Universitas Islam Al Azhar Kairo Mesir dari rencana pembubaran oleh Presiden Mesir Gamal Abdul Naser, meminta kepada Pemerintah Uni Doviet untuk menemukan makam Imam Bukhari," katanya.

Masih kata dia, Bung Karno juga memiliki guru-guru dari berbagai tokoh-tokoh Islam dan ulama di Indonesia. Mulai dari HOS Tjokroaminoto, KH Ahmad Dahlan, Habib Ali Alhabsyi Kwitang, KH Hasyim Asy'ari, hingga KH Ahmad Hasan.

"Dari fakta-fakta sejarah itu jelas sekali Bung Karno adalah seorang santri yang sangat mencintai Islam. Sehingga tak mungkin Bung Karno membenci ulama apalagi tukang penjarakan ulama," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini