Share

Satgas : Status Hitam di PeduliLindungi Otomatis Akan Hilang H+10 Pasca Isolasi

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 18 Februari 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 337 2549297 satgas-status-hitam-di-pedulilindungi-otomatis-akan-hilang-h-10-pasca-isolasi-TrRy54k0H3.jpg Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita (foto: istimewa)

JAKARTA - Status hitam di aplikasi PeduliLindungi akan otomatis hilang H+10 pasca isolasi, tanpa tes polymerase chain reaction (PCR), hal itu dikatakan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

“Status hitam ini dapat hilang pada kasus positif yang telah melakukan isolasi dan melakukan tes PCR ulang minimal pada H+5 dan H+6 setelah positif berturut-turut dengan hasil negatif atau tanpa tes ulang status hitam otomatis selesai pada H+10,” kata Wiku dikutip dalam keterangannya, Jumat (18/2/2022).

BACA JUGA:BPBD DKI: Hanya 12% Tempat Tidur di Lokasi Isolasi Terpadu yang Terpakai 

Wiku pun menegaskan, bahwa pasien terkonfirmasi Covid-19 akan mendapatkan status warna hitam di aplikasi Peduli Lindungi dan dipastikan tidak dapat masuk atau beraktivitas di dalam fasilitas publik.

“Selain itu masyarakat perlu mengetahui bahwa pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 kontak eratnya akan mendapatkan status warna hitam pada aplikasi pedulilindungi sehingga tidak dapat masuk atau beraktivitas di dalam fasilitas publik,” tegas Wiku.

BACA JUGA:46 Pasien Covid-19 Jalani Isolasi di Graha Wisata TMII

Wiku mengaku optimis bahwa tren kenaikan kasus Covid-19 di Tanah Air segera landai. “Kita semua berharap kita dapat segera melandaikan tren kenaikan kasus Covid-19 ini khususnya bagi masyarakat yang sehat perlu proteksi lebih ketat dan menyeluruh dari segala aspek.”

“Kita tidak bisa mengandalkan satu intervensi saja karena penularan Covid-19 semakin masif dan cepat. Upaya ini juga akan mengurangi beban fasilitas Kesehatan maupun kebutuhan pengobatan sehingga semakin terkendali,” pungkasnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini