Share

Aksi Memukau Pasukan Elite Baret Jingga Terjun Tempur Free Fall

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 18 Februari 2022 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 337 2549258 aksi-memukau-pasukan-elite-baret-jingga-terjun-tempur-free-fall-KI8SoBM9nj.jpg Pasukan Kopasgat terjun tempur/ TNI AU

JAKARTA – Puluhan pasukan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dari Wing Komando II Kopasgat, Batalyon Komando (Yonko) 466 Kopasgat dan Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 472 Kopasgat melaksanakan terjun payung di Lanud Sultan Hasanuddin, Jumat (18/02/2022).

(Baca juga: Ratusan Pasukan Khusus Kopasgat Bersenjata Lengkap Diterjunkan ke Kalimantan, Ada Apa?)

Penerjunan tersebut untuk melakukan penyegaran sekaligus meningkatkan kemampuan tempur para pasukan baret jingga tersebut. Selain itu, ini menjadi wahana bagi para pilot dan kru pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 33 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin untuk meningkatkan pengalaman terbang dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas operasi dukungan udara.

(Baca juga: Ini Asal Usul Paskhas TNI AU Ganti Nama Jadi Kopasgat)

Dengan menggunakan pesawat bernomor registrasi A-1332, pasukan tempur kebanggaan TNI AU ini, dibagi menjadi 2 sortie untuk melakukan penerjunan statik sejumlah 99 orang dan 2 sortie untuk penerjunan Free Fall dengan jumlah peterjun 19 orang.

Selain memiliki kemampuan tempur, Kopasgat juga mumpuni dalam hal perebutan dan pertahanan pangkalan udara.

Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI David Yohan Tamboto sangat mendukung pelaksanaan terjun penyegaran (Jungar) ini.

“Sebagai pasukan tempur TNI AU, para prajurit Kopasgat wajib selalu menjaga kemampuan dan kualifikasinya,”ujar David.

“Salah satunya adalah kemampuan terjun dari ketinggian tertentu yang pastinya memiliki kesulitan tersendiri dan membutuhkan latihan secara berkelanjutan dalam upaya kesiapsiagaan mempertahankan dan menjaga wilayah kedaulatan NKRI,” sambungnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Ditambahkan pula bahwa dengan peningkatan kemampuan tempur Kopasgat, kemampuan dukungan udara air crew pesawat angkut berat C-130 Hercules dan kemampuan Lanud Sultan Hasanuddin dalam pengoperasian satuan jajarannya, menjadi satu kesatuan kekuatan dalam mendukung tugas pokok TNI AU.

Sementara itu, Komandan Wing Komando II Kopasgat Kolonel Pas Wahyu Tunggul W, S.Sos mengatakan hal serupa jika Jungar merupakan salah satu cara peningkatan kemampuan prajurit untuk mendukung tugas pokok Kopasgat.

Pada pelaksanaannya, Jungar berjalan dengan lancar. Sejak persiapan hingga pendaratan, para peterjun dapat mendarat dengan aman dan sempurna.

Sehari sebelum pelaksanaan, seluruh pasukan yang melaksanakan Jungar, telah melewati tahap screening yaitu pelaksanaan swab antigen sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 saat Jungar berlangsung serta melaksanakan briefing terkait safety dalam pelaksanaan penerbangan dan penerjunan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini