Share

3 Ulah Penumpang Bikin Pesawat Gagal Terbang, Ada yang Bawa Granat

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 18 Februari 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 337 2548973 3-ulah-penumpang-bikin-pesawat-gagal-terbang-ada-yang-bawa-granat-Hr9FVIPSzB.jpg Ilustrasi (Foto : Kemenhub)

PESAWAT merupakan jenis transportasi udara yang diperlukan masyarakat untuk bepergian jarak jauh. Cerita-cerita saat menumpangi pesawat ini juga seringkali terdengar, salah satunya mengenai pesawat yang batal lepas landas akibat ulah penumpangnya.

Berikut 3 ulah penumpang yang bikin pesawat gagal lepas landas:

1. Menarik Tuas Pintu Darurat

Sebuah pesawat terpaksa batal lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Ngloram di Cepu, Jawa Tengah. Pesawat milik maskapai Citilink yang mengangkut rombongan kepala desa tersebut batal lepas landas karena ada seorang penumpang yang membuka pintu darurat.

Tidak diketahui pasti apakah perbuatan tersebut dilakukan penumpang karena iseng atau tidak tahu sehingga ia menarik tuas pintu darurat saat proses boarding. Akibat perbuatan satu penumpang tersebut, seluruh penumpang pun diminta untuk keluar dari pesawat demi alasan keamanan. Insiden ini terjadi pada 20 Desember 2021.

Kejadian serupa juga dilakukan oleh seorang anak berusia enam tahun di pesawat Citilink QQ 944 yang membuka tuas pintu darurat. Pesawat yang memiliki rute Cengkareng-Batam ini akhirnya harus melakukan pendaratan darurat di tengah perjalanan dan mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan. Peristiwa ini terjadi pada 27 September 2021.

2. Gangguan Sinyal

Sebuah pesawat tertunda lepas landas diakibatkan oleh gangguan sinyal. Munculnya gangguan sinyal tersebut diduga karena banyak penumpang yang bermain ponsel. Hal ini diceritakan oleh salah satu penumpang pesawat tujuan Surabaya itu. Peristiwa ini terjadi di Bandara Soekarno Hatta, pada 2012.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Saat itu banyak penumpang yang rata-rata masih berusia muda tampak menyalakan ponsel. Ketika bersiap hendak lepas landas, tiba-tiba pesawat tersebut berhenti. Ternyata alasan pilot mengentikan pesawat adalah karena adanya gangguan sinyal dari ponsel. Setelah penumpang mematikan ponselnya, tidak lama kemudian pesawat kembali bergerak dan lepas landas.

3. Membawa Granat

Pesawat Batik Air 6870 rute Jakarta-Palembang yang sedang bersiap lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta ini harus menunda keberangkatan. Pasalnya, seorang penumpang tiba-tiba mengaku membawa tas yang berisi granat. Insiden ini terjadi pada 29 April 2015.

Atas perbuatan penumpang berinisial IY itu, pilot memutuskan untuk melakukan screening ulang pesawat dan menunda penerbangan selama kurang lebih satu jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini