Share

3 Ritual Aneh yang Menewaskan Pelakunya, Terakhir 11 Orang Meninggal di Pantai

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 18 Februari 2022 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 337 2548907 3-ritual-aneh-yang-menewaskan-pelakunya-terakhir-11-orang-meninggal-di-pantai-3Ra2f6h1CT.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

RITUAL memiliki makna simbolik dan bersifat sakral karena menganut suatu kepercayaan tertentu. Di Indonesia, tiap daerah memiliki ritual masing-masing. Namun, ada kalanya prosesi ritual yang dilakukan cukup berbahaya.

Bahkan, beberapa di antaranya bisa mengakibatkan kematian bagi mereka yang melakukannya.

Berikut ini adalah beberapa ritual yang berakhir dengan insiden yang menewaskan pelakunya:

1. Ritual Kanuragan di Pantai Payangan, Jember

Belasan orang menjadi korban tenggelam di Pantai Payangan, Ambulu, Jember pada 12 Februari 2022. Semua korban tewas karena terseret arus laut saat menggelar ritual Kanuragan. Jumlah orang yang meninggal mencapai 11 orang dan ditemukan di sekitar perairan Pantai Payangan, baik mengambang maupun tergeletak di pesisir pantai, mengutip perkataan Komandan Tim Basarnas Jember Jatmika. Sementara korban selamat berjumlah 13 orang.

Pada mulanya, kelompok Padepokan Tuna Jati Nusantara melakukan perjalanan ke Pantai Payangan bersama rombongan dari daerah lain sebanyak 24 orang untuk melaksanakan ritual. Sebenarnya sudah ada peringatan dari warga sekitar, namun rombongan tersebut mengabaikan. Seorang saksi mata mengatakan jika ada ombak yang menghantam lokasi ritual dan pada akhirnya semua yang terlibat pun terseret laut selatan.

2. Ritual Tirakat, Blitar

Seorang pria bernama Ahmad Sulis Widiyanto ditemukan tewas membusuk di lantai dua rumah di Desa Tumpakoyot, Kecamatan Bakung, Blitar pada 30 Agustus 2021. Diketahui, Ahmad selalu pamit ke istrinya setiap kali akan melakukan ritual. Namun, dua hari setelah berpamitan, sosok Ahmad tidak lagi terlihat. Sampai akhirnya tercium bau busuk dari kamar di lantai dua yang biasa dijadikannya tempat bertapa.

Saat polisi sampai ke lokasi, ditemukan berbagai peralatan ritual seperti mangkuk berisi sisa nasi putih, botol air putih, dupa yang belum dibakar, serta minyak yang dibungkus kain berisi kata-kata ritual. Tidak ada tanda-tanda penganiayaan yang ditemukan saat jasad Ahmad diperiksa tim medis.

3. Ritual Di Penginapan Pantai Ngliyep, Malang

Pada Rabu, 31 Maret 2021, di salah satu kamar penginapan yang berlokasi di Pantai Ngliyep, Malang, Jawa Timur, ditemukan jasad seorang wanita. Berdasarkan identifikasi, wanita tersebut diketahui berinisial VM. VM merupakan warga Desa Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Dugaan kematian korban adalah akibat hipotermia dan memiliki penyakit serius. Namun, di malam sebelumnya, korban bersama tiga orang laki-laki memasuki kamar penginapan. Diduga korban bersama para teman lelakinya melakukan sebuah ritual, namun pihak kepolisian tidak membeberkan secara gamblang ritual seperti apa yang mereka lakukan. Hanya saja VM ditemukan meninggal, sementara tiga lelaki lain meninggalkan kamar penginapan di malam sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini