Share

4 Alat Perang Terbaru TNI Selain Jet Rafale, Nomor 3 Punya Daya Hancur Besar

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 16 Februari 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 337 2547834 4-alat-perang-terbaru-tni-selain-jet-rafale-nomor-3-punya-daya-hancur-besar-nC3HllRcQv.jpg Jet tempur rafale/ dassault aviation

PEMERINTAH terus meningkatkan kualitas kekuatan TNI, baik dari sisi sumber daya manusia (SDM) hingga alutsista (alat utama sistem senjata) yang dimiliki. Alutsista terus dimodernisasi untuk menjaga kedaulatan Indonesia.

(Baca juga: 42 Pesawat Tempur Rafale Jaga Langit Nusantara, Militer Indonesia Semakin Tak Tertandingi di ASEAN)

Sebelumnya, Indonesia melakukan pembelian jet tempur multi-peran asal Prancis, Dassault Rafale. Kamis 10 Februari dilakukan penandatanganan kontrak pembelian sebanyak 6 unit pesawat tempur canggih tersebut. Secara keseluruhan, jumlah jet tempur Rafale yang akan diakuisisi mencapai 42 pesawat.

Berikut alustsista baru yang dimiliki oleh Indonesia dilansir beragam sumber.

1. Kapal Pengangkut Tank

Kapal pengangkut tank ini mempunyai 2 jenis, yaitu AT-8 dan AT-9. Diketahui, dua kapal tersebut adalah buatan anak bangsa. Dua kapal tersebut diberi nama KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527. Kapal tersebut mempunyai panjang 117 meter, lebar 16,40 meter, serta tinggi 7,80 meter. Dua kapal tersebut mampu membawa 36 prajurit, 15 unit tank BMP-3F, serta satu helikopter. Selain itu, kapal tersebut mempunyai kecepatan maksimum hingga 16 knot.

2.Kendaraan Taktis Maung

Kendaraan taktis Maung merupakan buatan PT Pindad. Kendaraan ini mempunyai sejumlah kelebihan, antara lain mampu menerjang medan yang sulit dan dapat beroperasi lepas di ruas jalan aspal. Kendaraaan taktis Maung ini mempunyai kecepatan 120 km/jam serta transmisi manual 6 speed. Selain itu, juga dapat menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Taktis Maung dilengkapi pula dengan perangkat GPS navigasi, tracker kendaraan, serta braket senjata otomatis 7,62 mm, konsol SS2-V4.

(Baca juga: Spesifikasi dan Misi Tempur Rafale, Jet Tempur Canggih Calon Penjaga Langit Nusantara)

3. Helikopter Serbu Bell 412EPI

Helikopter Serbu Bell 412EPI ini adalah buatan PT Dirgantara Indonesia. Helikopter ini mampu mengangkut 15 orang. Helikopter Serbu Bell 412EPI dilengkapi dengan dua mesin pratt and whitney PT6T-9 twin pac. Kelebihan dari helikopter ini adalah dilengkapi dengan senjata otomatis gatling gun, full glass cockpit, dan AFCS 4-axis.

4. Kapal Cepat Rudal

Kapal Cepat Rudal merupakan kapal perang buatan PT PAL Indonesia. Kapal yang diberi nama KRI Kapak ini masuk dalam kategori Offshore Patrol Vessel (OPV). KRI Kapak mempunyai panjang 60 meter dan lebar 8,10 meter. Selain itu, kapal ini mampu mengangkut 55 kru.

Meski mempunyai berat 550 ton, kapal ini melaju dengan kecepatan 28 knot. KRI Kapak mempunyai jarak jelajah 2.400 Nm serta dilengkapi dengan persenjataan yang modern serta canggih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini