Share

Heboh Video Lama Eks Kapolres Purworejo tentang Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Tim Okezone, Okezone · Selasa 15 Februari 2022 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 337 2547333 heboh-video-lama-eks-kapolres-purworejo-tentang-dzikir-hasbullah-wanikmal-wakil-Lhyt4en1Ts.jpg Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy (Foto: Antara)

SEMARANG - Cuplikan wawancara reporter salah satu stasiun TV swasta dengan eks Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito pada Mei 2021 mendadak viral di lini masa Twitter. Dalam cuplikan itu, Rizal menyebut, zikir hasbunallah wani'mal wakil biasanya digunakan untuk perang.

Menanggapi viralnya video tersebut Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Al Qudusy menerangkan, cuplikan video itu adalah cuplikan video lama, yang sengaja diviralkan kembali oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:  Viral TGB Ditegur Brimob di Sirkuit Mandalika, Kisahnya Berakhir Haru

"Cuplikan video itu adalah cuplikan wawancara Kapolres Purworejo Lama (AKBP Rizal Marito) pada Mei 2021. Sengaja diviralkan kembali untuk membuat situasi di Wadas Purworejo Tidak Kondusif," kata Iqbal, Selasa (15/2/2022).

"Saat ini, situasi Wadas Bener Purworejo sangat kondusif, TNI Polri melaksanakan berbagai kegiatan Baksos di Desa Wadas dan kami berupaya merajut kembali komunikasi sosial antar warga," lanjut Iqbal.

Bahkan, kegiatan-kegiatan positif seperti itu dilakukan TNI-Polri setiap hari. Sejauh ini, sudah hampir seminggu dilakukan.

Baca Juga: Pria yang Todongkan Pistol ke Kuli Bangunan Diburu Polisi

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Iqbal menduga cuitan itu diunggah oleh orang yang sengaja akan memperkeruh di air yang sudah jernih.

"Saat ini, Kapolres Purworejo dijabat oleh AKBP Fahrurozi sejak 12 Agustus 2021 lalu, jadi diksi / judul di media seolah olah Kapolres saat ini yang memberikan statemen itu adalah salah informasi," kata Iqbal.

Iqbal juga mempertanyakan tujuan pihak-pihak yang sengaja memunculkan kembali rekaman wawancara AKBP Rizal Marito dengan reporter tersebut pada Mei 2021 itu.

"Dalam cuplikan video itu, reporter melakukan wawancara dengan Rizal Marito sekitar 9 bulan lalu, mengapa baru diviralkan sekarang?" tanya Iqbal kepada rekan-rekan wartawan, Senin 14 Februari 2022.

Iqbal berharap, masyarakat cek dan ricek, saring sebelum sharing kembali informasi yang bertebaran di medsos. Ditambahkan Iqbal, medsos sering dijadikan alat orang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan sendiri. Termasuk memperkeruh suasana Wadas yang sudah baik.

Dirinya berharap masyarakat lebih bijaksana menyikapi maraknya berita berita termasuk berita hoax di media terkait wadas.

"Masyarakat jangan sampai terjebak framing negatif yang diciptakan pihak yang tidak bertanggungjawab. Kami mohon masyarakat untuk bijak dan berhati-hati," tutup Kabid Humas yang pernah menjadi Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Papua ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini