Share

3 Pemberontakan Masa Kerajaan Indonesia, Salah Satunya Mengawali Berdirinya Majapahit

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 14 Februari 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 13 337 2546589 3-pemberontakan-masa-kerajaan-indonesia-salah-satunya-mengawali-berdirinya-majapahit-a0PASSWFE4.jpg Raden Wijaya. (Foto: ist.)

JAKARTA - Kehidupan kerajaan banyak dipenuhi intrik. Salah satunya intrik politik yang dilakukan demi memenuhi ambisi untuk memperoleh kekuasaan. Jalan yang ditempuh adalah pemberontakan. Berikut ini 3 pemberontakan di zaman kerajaan yang saling berkaitan dan berhasil menumbangkan rezim.

BACA JUGA: Singasari dan Majapahit Tidak Pernah Berhasil Menaklukan Kerajaan Sunda 

1. Pemberontakan Ken Arok 

Ken Arok dikenal sebagai pendiri Kerajaan Singasari. Perjalanan Ken Arok sebagai penguasa bermula dari kondisi masyarakat Kerajaan Kediri yang kala itu dipimpin Raja Kertajaya. Sang Raja yang tamak, sering mengambil hak rakyat dan melakukan pemerasan. Bahkan, dia mengeklaim dirinya sebagai Tuhan dan meminta semua kalangan menyembahnya. Ken Arok berhasil mempengaruhi kaum brahmana untuk memberikan dukungan kepadanya dan melancarkan pemberontakan.

Ken Arok menyerang Kerajaan Kediri pada 1222. Ia berhasil menewaskan dua panglima andalan Kerajaan Kediri, yaitu Mahesa Wulungan dan Geber Baleman. Kehilangan komandan membuat prajurit Kediri melemah. Banyak di antara mereka yang terbunuh, lainnya melarikan diri. Ken Arok berhasil memenangi pertempuran. Ia kemudian menjadi raja di Kerajaan Singasari (semula bernama Kerajaan Tumapel) yang didirikannya.

Sebelum menaklukkan Raja Kertajaya, Ken Arok berhasil merebut Tumapel dari kekuasaan Tunggul Ametung. Ia juga mempersunting Ken Dedes, istri Tunggul Ametung.

BACA JUGA: Penolakan Utusan Mongol yang Berujung Tewasnya Kertanegara, Raja Singasari Terakhir 

2. Pemberontakan Jayakatwang

Saat mengalahkan Kerajaan Kediri, Ken Arok membiarkan Kediri diperintah oleh keturunan Raja Kertajaya di bawah penguasaan Kerajaan Singasari. Ketika Raja Kertanegara memimpin, ia mengangkat Jayakatwang sebagai Bupati Kediri. Jayakatwang adalah keturunan Raja Kertajaya. Ia mengetahui leluhurnya dahulu ditumpas oleh Ken Arok dan hendak membalaskan dendam demi mengembalikan kehormatan leluhurnya tersebut.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Jayakatwang menyiapkan pemberontakan. Di waktu yang tepat, ia menyerang Kerajaan Singasari dan berhasil membunuh Raja Kertanegara. Peristiwa yang terjadi pada tahun 1292 ini mengakhiri kekuasaan Kerajaan Singasari. Jayakatwang kemudian mengangkat dirinya sebagai raja di kerajaan leluhurnya, yakni Kerajaan Kediri.

Namun, usia kekuasaannya tidak berlangsung lama. Pada tahun 1293, Jayakatwang harus menghadapi serbuan dari Raden Wijaya, menantu Raja Kertanegara.

3. Pemberontakan Raden Wijaya 

Raden Wijaya adalah menantu Raja Kertanegara, raja terakhir Kerajaan Singasari. Ketika Kerajaan Singasari luluh-lantak akibat pemberontakan Jayakatwang, Raden Wijaya berhasil meloloskan diri. Ia mengungsi ke Madura dan meminta perlindungan Arya Wiraraja, pemimpin Madura. Keduanya lantas sepakat untuk menggulingkan Jayakatwang.

Raden Wijaya tidak mengetahui bahwa pemberontakan yang dilakukan Jayakatwang terhadap Raja Kertanegara adalah atas hasutan Arya Wiraraja. Ia mengatur agar Jayakatwang menerima permohonan ampun Raden Wijaya dan mengangkatnya sebagai salah satu pejabat. Jayakatwang pun menerima Raden Wijaya di istananya. Raden Wijaya lalu mengusulkan membuka Hutan Tarik, yang disetujui Jayakatwang. Wilayah yang diberi nama Majapahit itu kemudian didiami Raden Wijaya dan pengikutnya.

Hingga akhirnya datanglah kesempatan Raden Wijaya untuk menumpas Jayakatwang ketika pasukan Mongol, anak buah Kaisar Mongol Kubilai Khan, tiba di Majapahit. Mereka yang semula hendak menuntut balas kepada Raja Kertanegara justru berhasil dibujuk Raden Wijaya untuk mendukungnya membasmi Jayakatwang .

Raden Wijaya mengaku akan tunduk pada Mongol jika dendamnya terbalaskan. Serbuan Raden Wijaya dan tentara Mongol berhasil menumbangkan Jayakatwang pada 1293. Tak hanya itu, Raden Wijaya juga memukul mundur pasukan Mongol. Raden Wijaya kemudian mendirikan Kerajaan Majapahit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini