Share

Komisi III DPR ke Desa Wadas, Harap Pro-Kontra Bendungan Bener Bisa Selesai dengan Baik

Kiswondari, Sindonews · Jum'at 11 Februari 2022 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 337 2545940 komisi-iii-dpr-ke-desa-wadas-harap-pro-kontra-bendungan-bener-bisa-selesai-dengan-baik-q6QUQV9FCj.jpg Ilustrasi Desa Wadas (Foto : Antara)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa memimpin kunjungan spesifik (Kunspek) Komisi III ke Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah pada Kamis, 10 Februari 2022.

Rombongan Komisi III DPR langsung mendatangi Desa Wadas untuk menjalankan tugas pengawasan serta mendengarkan aspirasi langsung warga Wadas yang dikabarkan mendapatkan tindakan represif dari aparat kepolisian.

Kepada warga, Desmond menjelaskan bahwa pemerintah hanya bermaksud melakukan penambangan batu andesit di desa ini untuk penunjang pembangunan Bendungan Bener.

Menurut Desmond, warga Wadas memiliki hak menolak penambangan batu andesit di desa setempat. Karena wilayah Desa Wadas bukan kawasan proyek nasional Bendungan Bener

โ€œSecara hukum kalau ini wilayah bendungan, maka ada peraturan yang posisinya membuat masyarakat tidak bisa menerima, tetapi dengan posisi yang di luar bendungan, maka masyarakat menurut kami sementara ini bisa menolak karena tidak melanggar aturan apa-apa,โ€ kata Desmond kepada warga yang dikutip, Jumat (11/2/2022).

Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPR ini berharap ke depannya, pro dan kontra warga dengan pihak pelaksana yang mau menambang batu andesit itu bisa diselesaikan secara baik-baik.

Perlu diketahui, Warga Wadas menolak pembukaan lahan tambang andesit di desanya sejak 2017.

Batuan andesit di desa tersebut akan diambil untuk bahan baku proyek pembangunan Bendungan Bener di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, yang menjadi bagian dari proyek strategis nasional (PSN) pemerintah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini