Share

Desa Wadas Miliki Harta Karun? Ini Penjelasan Ahli Bumi

Arif Budianto, Koran SI · Jum'at 11 Februari 2022 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 337 2545741 desa-wadas-miliki-harta-karun-ini-penjelasan-ahli-bumi-rZC9USsbWh.jpg Desa Wadas (Foto: Antara)

BANDUNG - Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah akhir akhir ini menjadi perbincangan banyak pihak. Tak hanya karena polemik yang saat ini terjadi, tetapi juga adanya informasi harta karun bernilai tinggi yang dimiliki wilayah tersebut.

Benarkan daerah ini memiliki sumber daya alam bernilai tinggi?

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehamad Awaludin mengatakan bahwa daerah Wadas memang termasuk daerah dengan komoditas batu andesit.

Kata dia, Andesit di kawasan ini karena termasuk dalam satuan formasi Kulon Progo atau formasi Andesit Tua.

Baca juga: Konflik Wadas, Gus Yahya Mengaku Siap Hadir Dampingi Rakyat

Setidaknya, terdapat dua jenis andesit di Purworejo. Pertama andesit dalam bentuk batuan beku yang berbentuk Intrusi. Kedua terdapat pada sedimen breksi yang yang merupakan bagian dari formasi Giripurwo.

"Batuan ini pada dasarnya bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan seperti batu urug atau batu pondasi. Secara umum Andesit di daerah Purworejo yang dalam bentuk Intrusi mempunyai kualitas lebih baik, " jelas dia.

Baca juga: Bagikan Ratusan Sembako untuk Warga Wadas, Polisi Tegaskan Tak Ada Intimidasi

Follow Berita Okezone di Google News

Dia pun memastikan, batuan andesit di Wades walaupun bernilai ekonomi, namun termasuk dalam golongan mineral bukan logam. Material yang ada, bukan material langka atau kritis karena di sekitar daerah tersebut (kabupaten Kulon Progo dan kabupaten Magelang) bahan tersebut banyak ditemui.

"Salah satu kriteria untuk mineral bukan logam kelompok bahan bangunan nilai ekonomisnya terutama ditentukan oleh akses, yaitu kemudahan penambangan atau pengambilannya serta jauh dan tidaknya dari lokasi penggunaanya, " tuturnya.

Baca juga: Partai Perindo Meminta Pemda Perhatikan Nasib Warga Desa Wadas Usai Pengalihan Lahan

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini