Share

KSP Bilang Vaksin Covid-19 Terbukti Kurangi Tingkat Keparahan Akibat Omicorn

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Jum'at 11 Februari 2022 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 337 2545734 ksp-bilang-vaksin-covid-19-terbukti-kurangi-tingkat-keparahan-akibat-omicorn-gjYO7z1qS1.jfif Ilustrasi (Foto : Freepik)

JAKARTA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden dr. Brian Sri Prahastuti mengingatkan masyarakat untuk tidak meremehkan vaksin. Sebab menurutnya, vaksin sudah terbukti dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit akibat Covid-19 varian Omicorn.

"Sudah terbukti vaksin bisa mengurangi tingkat keparahan Covid-19 varian Omicron," ujar Brian dalam keterangannya, Jumat (11/2/2022).

Brian menjelaskan, selemah apapun virus jika terlontar akan menginfeksi. Namun jika virus itu ada di dalam badan orang yang sudah memiliki kekebalan tubuh atau antibodi, maka virus itu menjadi sangat lemah.

"Sebaliknya, jika virus itu masuk ke dalam tubuh yang tidak memiliki antibodi, selain menginfeksi juga akan mengubah bentuknya menyesuaikan lingkungan tubuh manusia manusia yang dilewatinya," kata Brian.

"Kalau perubahannya menjadi tambah jinak, ya Aman. Tapi jika perubahan malah menjadikan varian mutan yang lebih berbahaya, ini yang sangat beresiko," tambahnya.

Sebelumnya pada Senin 7 Februari 2022, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan sebanyak 69 persen dari total 356 pasien korban meninggal Covid-19 varian Omicron memang karena belum mendapat vaksinasi lengkap.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 42 persennya merupakan pasien yang memiliki komorbid, dan 44 persen lainnya kelompok masyarakat lanjut usia atau lansia.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini