Share

Tak Hanya Borong 42 Jet Tempur Rafale, Kemenhan Juga Segera Beli 2 Kapal Selam Scorpene

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 11 Februari 2022 00:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 337 2545472 tak-hanya-borong-42-jet-tempur-rafale-kemenhan-juga-segera-beli-2-kapal-selam-scorpene-JLKhVtHmz9.png Kapal selam scorpene. (Foto: Istimewa/militermiliter.com)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkan bahwa Indonesia akan membeli dua kapal selam Scorpene buatan Perancis. Adapun rencana itu masuk dalam salah satu kesepakatan antara Naval Grup dengan PT PAL. 

"Kita telah tandatangani MoU kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam antara PT PAL dengan NAVAL grup dari Perancis yang tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam Scorpene," ujar Prabowo kepada wartawan, Kamis (10/2/2022). 

Dia menuturkan, rencana pembelian dua unit Alutsista itu telah termasuk Air-independent Propulsion (AIP), persenjataan dan suku cadang yang dibutuhkan. Termasuk juga latihan pengoperasian.

Baca juga: Kekuatan Udara Indonesia Semakin Menakutkan Usai Borong 42 Pesawat Tempur Rafale

"Dengan AIP beserta persenjataan dan suku cadang-cadng yang dibutuhkan, termasuk latihan juga," ungkapnya. 

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertahanan telah menyepakati pembelian jet tempur multi-peran asal Prancis, Dassault Rafale. Jumlah unit yang disepakati berjumlah 6.

Adapun 6 unit itu merupakan tahap pertama dari keseluruhan 42 jet yang rencananya akan diakuisisi oleh Indonesia. Dia memastikan, 36 unit lainnya akan segera menyusul dalam waktu dekat.

"Kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale. Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat. Akan disusul ya dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi," kata Prabowo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini