Share

4 Kota Rentan Banjir di Dunia, Ada Jakarta?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 10 Februari 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 337 2544738 4-kota-rentan-banjir-di-dunia-ada-jakarta-mqPoQ70S1x.jpg Kota Rentan Banjir di Dunia (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Bencana banjir sudah bukan hal yang tidak biasa bagi penduduk ibu kota Jakarta. Letak permukaan tanah yang cukup rendah dan curah hujan yang meningkat ketika musim penghujan tiba membuat kawasan Jakarta rentan terkena banjir.

Namun, banjir tidak hanya sering menghampiri ibu kota Indonesia ini. Ada beberapa kota lain di dunia yang juga menjadi langganan banjir, berikut di antaranya, Kamis (10/2/2022).

1. Guangzhou, Cina

Guangzhou merupakan salah satu kota besar di China yang memili penduduk kurang lebih 16 juta orang di tahun 2016. Kota ini sangat rentan terhadap banjir. Masalah terberat adalah banjir pluvial atau banjir yang disebabkan oleh ketidakmampuan tanah dalam menyerap air, di pusat kota.

Menurut The Third National Climate Change Assessment Report, ketinggian air di sekitar China naik jauh lebih cepat daripada rata-rata global, yang menempatkan negara ini lebih berisiko terhadap banjir dan kerusakan besar pada wilayah pesisir dalam waktu dekat.

2. Mumbai, India

Kota Mumbai kerap dilanda banjir ketika pergantian musim terjadi. Salah satu faktor utama yang menyebabkan seringnya terjadi bencana banjir di Mumbai adalah kepadatan penduduk dan kualitas pembuangan air yang kurang baik. Akibatnya, kota ini tidak dapat menampung debit air berlebih ketika hujan turun.

Salah satu sungai besar yang ada di kota tersebut, Mithi, berperan sebagai saluran pembuangan masyarakat setempat, tersumbat oleh aliran domestik dan limbah industri dan meluap setiap musim hujan.

3. Kolkata, India

Banjir di Kolkata merupakan hal yang sangat umum terjadi. Ini disebabkan karena seluruh kota berada di bawah permukaan Sungai Hooghly. Sungai mengalir pada tingkat yang lebih tinggi. Kota Kolkata sendiri sebenarnya berupa dataran rendah yang semakin miring ke arah timur, menyebabkan air lebih mudah masuk dan merendam daerah sekitar.

Selain itu, curah hujan yang tinggi, meluapnya aliran sungai karena kenaikan air di musim hujan, serta peningkatan aliran masuk dari daerah tangkapan air dan efek badai, juga turut memberi andil dalam banjir di Kolkata.

4. Guayaquil, Ekuador

Guayaquil adalah salah satu kota yang paling rentan terhadap banjir di dunia. Air pasang menembus jauh ke dalam sungai yang melintasi kota. Karena bentuk sungai yang melalui wilayah kota ini, amplitudo gelombang pasang meningkat sehingga tinggi gelombangnya dapat mencapai kota Guayaquil.

Ditambah dengan kenaikan permukaan laut yang disebabkan oleh pemanasan global, serta musim hujan yang sangat intens, menjadikan kota ini sangat rentan terhadap banjir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini