Share

Dewi Kian Baca Alquran, Anak di Kandungannya Langsung Bergerak-gerak

Alvin Agung Sanjaya, Okezone · Rabu 09 Februari 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 337 2544318 dewi-kian-baca-alquran-anak-di-kandungannya-langsung-bergerak-gerak-Wvrb16qM2T.jpg Wanita sedang membaca alquran

NAMA aslinya adalah Siu Ban Ci atau catatan lain menyebut Tan Eng Kian, putri dari Tan Go Hwat. Ia adalah putri seorang pedagang etnis Tionghoa.

(Baca juga: Cerita Dewi Kian Jadi Mualaf, Masuk Islam Dibimbing Arya Damar)

Melansir Brawijaya Moksa Detik-Detik Akhir Perjalanan Hidup Prabu Majapahit, saat zaman Majapahit, banyak etnis Tionghoa yang beragama Islam pada era Kekaisaran Dinasti Ming.

Mereka sebagian besar datang ke Nusantara dibawa armada besar Laksamana Cheng Ho dengan tujuan dagang, misi penyebaran agama Islam, dan menjalin hubungan persahabatan lintas negara.

Setelah diambil sebagai istri selir Bhre Kertabhumi atau biasa disebut Prabu Brawijaya V yang waktu itu masih menjadi Raja terakhir Majapahit, Siu Ban Ci atau Tan Eng Kian dikenal masyarakat Majapahit dengan sebutan โ€œPutri Cina.โ€

Setelah menjadi mu'alaf atas bimbingan dan arahan dari Arya Damar putra Prabu Brawijaya V dari hasil pernikahannya dengan Dewi Dilah. Dewi Kian pun tak henti-henti nya untuk memperdalam ajaran agama Islam.

Namun semangatnya itu harus tetap berada dalam kontrol karena saat itu Dewi Kian sedang hamil besar. Hal itulah yang jadi konsen Dewi Dilah.

"Dinda Dewi," begitu ujar Dewi Dilah,"sebaiknya jangan engkau paksakan kalau merasa berat menunaikan shalat dengan berdiri. Lakukanlah sesuai kemampuanmu, kalau tidak mampu berdiri, karena akan terasa sulit saat ruku' dan sujud, maka shalatlah dengan duduk".

"Apakah itu boleh?" Terperanjat Dewi Kian mendengar kemurahan dalam agama Islam.

"Ya demikianlah ajaran Islam! Bahwa agama Islam itu mudah dan hendaknya tidak memberatkan pemeluknya. Yang penting kesungguhan dan ketulusan hati." jelas Dewi Dilah.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Setiap harinya, Dewi Kian yang sudah menjadi muslimah hampir tiada henti membaca bacaan Al-Quran yang ditujukan untuk calon buah hatinya. Dan uniknya, ketika ia membaca Al-Quran, baik dilagukan atau tidak, biasanya janinnya terasa bergerak gerak seperti menendang-nendang perutnya pertanda kalau si buah hati mengerti diajak berkomunikasi.

Dalam masa kehamilannya, sebagaimana yang dirasakan oleh perempuan yang sedang hamil, Dewi Kian pun semakin merasakan kecapekan luar biasa. Dalam kondisi seperti itu, ia justru semakin memperbanyak sujud dalam shalatnya. Siapa lagi yang memberikan motivasi seperti itu kalau bukan Dewi Dilah, istri selir Prabu Brawijaya V.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini