Share

Satgas Sebut Testing Kunci Cegah Pelaku Perjalanan Bawa Covid-19 ke Daerah Lain

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Selasa 08 Februari 2022 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 337 2544291 satgas-sebut-testing-kunci-cegah-pelaku-perjalanan-bawa-covid-19-ke-daerah-lain-Ur5SZ8lKkO.jpg Wiku Adisasmito. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa testing menjadi sangat penting untuk mengatur mobilitas masyarakat, khususnya yang ingin bepergian ke luar daerah.

"Sehingga testing penentu mobilitas yang aman karena hanya dengan testing kita dapat mengenali orang yang positif," ujar Wiku dalam jumpa pers secara daring, Selasa (8/2/2022).

Dengan adanya testing melalui tes rapid antigen atau tes polymerase chain reaction (PCR), masyarakat yang berada pada wilayah yang banyak terpapar covid-19 dapat memastikan bahwa diri mereka tidak terpapar. Hal itupun meminimalisir terjadinya penularan ke daerah lainnya.

"Dengan demikian masyarakat yang terpaksa bepergian dari daerah hotspot ke daerah lainnya sebelumnya wajib melakukan rapid tes atau PCR untuk memastikan dirinya tidak terinfeksi," kata Wiku.

Baca juga: Covid-19 Melonjak, Satgas Pastikan Perlindungan Optimal terhadap Nakes

Selain itu, sesuai dengan aturan Satgas dan Kementerian Kesehatan, orang yang positif wajib menjalani masa Isolasi dan tidak boleh berpergian ke daerah lainnya. Maka dari itu, masyarakat diharapkan bijak dalam melakukan perjalanan ke luar daerah.

"Mohon masyarakat menyadari bahwa tindakan demikian membahayakan banyak orang terlebih kelompok rentan di sekitar kita yang beresiko meninggal akibat covid," kata Wiku.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Maka dari itu, saat ini Pemerintah terus mengupayakan agar tes Covid-19 memiliki akurasi yang tinggi.

"Untuk itu, ketersediaan rapid antigen dan PCR dengan akurasi yang tinggi menjadi penting untuk diupayakan," tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini