Share

Covid-19 Melonjak, Satgas Pastikan Perlindungan Optimal terhadap Nakes

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 08 Februari 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 337 2544279 covid-19-melonjak-satgas-pastikan-perlindungan-optimal-terhadap-nakes-uTZNk5qQoT.jpg Tenaga kesehatan (nakes). (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Satgas Covid-19 memastikan optimalisasi proteksi tenaga kesehatan di tengah lonjakan kasus Covid-19.

“Khusus proteksi untuk tenaga kesehatan, Kementerian Kesehatan bersama dengan BNPB terus berusaha memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana pendukung baik untuk optimalisasi perawatan pasien maupun perlindungan tenaga kesehatan yang bertugas. Seperti pemberian di level 1, 2, dan 3 berdasarkan besar peluang kontak dengan kasus positif,” tegas Wiku saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (8/2/2022).  

Baca juga: Satgas Minta Pasutri Positif Covid-19 Jalan-Jalan di Malang Diberi Sanksi Tegas

Wiku pun meminta agar para nakes yang bekerja di rumah sakit harus ekstra hati-hati dan disiplin menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai dengan pedoman profesi.

“Untuk itu dimohon bagi seluruh masyarakat khususnya tenaga kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit untuk ekstra hati-hati dengan disiplin menggunakan alat pelindung diri sesuai pedoman profesi yang telah ditetapkan,” kata Wiku.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Selain itu, Wiku meminta agar rumah sakit mengatur jadwal kerja para nakes yang manusiawi mencegah burn out atau kelelahan.

“Selain itu dihimbau juga untuk pihak rumah sakit memastikan betul bahwa tenaga kesehatan dapat bekerja dengan ritme yang manusiawi untuk mencegah kemunculan burn out atau kelelahan," imbau Wiku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini