Share

3 Kecelakaan Mengerikan di Imogiri Bantul, Terbaru Telan 13 Korban Jiwa

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 09 Februari 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 08 337 2544257 3-kecelakaan-mengerikan-di-imogiri-bantul-terbaru-telan-13-korban-jiwa-m4NigyznMh.jpg Kecelakaan bus di Bantul. (Foto: Antara)

KECELAKAAN yang melibatkan bus berisi rombongan wisata kerap terjadi. Beragam faktor menjadi penyebab terjadinya kecelakaan, mulai dari kondisi bus, keadaan sopir, hingga situasi jalan yang dilalui.

Pada Minggu (6/2/2022), sebuah bus mengalami kecelakaan di wilayah Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Kecelakaan itu menewaskan 13 orang.

Peristiwa kecelakaan ini bukan yang pertama terjadi di kawasan tersebut. Berikut beberapa kecelakaan yang terjadi di ruas Jalan Imogiri, Bantul:

1. 6 Februari 2022

Bus GA Trans AD 1507 EH menabrak tebing di kawasan Bukit Bego, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul, Minggu (6/2/2022) sore. Bus yang padat penumpang itu diketahui bergerak dari arah timur tepatnya dari Hutan Pinus Mangunan dan hendak mengarah ke Pantai Parangtritis.

Saat melintasi jalan di kawasan bukit, bus diduga mengalami rem blong sehingga kehilangan kendali. Ditambah, sopir tidak menguasai medan. Akibatnya bus yang bercat dominasi hijau dan corak putih ini meluncur dari atas hingga terhenti karena menabrak tebing. Bagian muka bus rusak serta kaca depan pecah.

Baca juga: 6 Jenazah Kecelakaan Maut Bus di Bantul Dimakamkan Satu Lubang Lahat

Sebanyak 13 penumpang termasuk sopir bus tewas dalam kejadian ini, sementara puluhan orang lainnya luka-luka dan mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit, seperti RSUD Panembahan Senopati Bantul, PKU Muhammadiyah Bantul, RS Nur Hidayah Bantul. Bus ini mengangkut karyawan perusahaan konveksi asal Sukoharjo yang tengah berwisata dalam acara family gathering.

2. 17 Oktober 2021

Diduga karena rem blong, seorang pesepeda mengalami kecelakaan tunggal di ruas Jalan Imogiri-Mangunan. Korban berinisial IR (48) asal Magelang tewas karena menabrak pohon, pada Minggu (17/10/2021) siang.

Lorban diketahui bersepeda hingga Hutan Pinus Mangunan. Dari situ, ia meluncur turun ke arah Imogiri. Jalan yang dilalui memang memiliki kondisi turunan yang cukup tajam. Saat melaju di jalanan menurun ini, diduga rem sepeda tidak berfungsi dengan baik.

Akibatnya, sepeda melaju turun dengan kecepatan tinggi hingga tak mampu dikendalikan korban. Saat di perbatasan Kapanewon Imogiri dan Dlingo, tepatnya di kawasan Bukit Bego, sepeda oleng ke kanan dan menabrak pohon di tepi jalan.

3. 3 Desember 2017

Kecelakaan yang melibatkan bus wisata juga pernah terjadi di kawasan Bukit Bego, Imogiri, Bantul beberapa tahun lalu. Pada Minggu (3/12/2017), bus pariwisata Langsung Jaya menghantam tebing di Jalan Imogiri-Mangunan.

Bus tersebut datang dari arah Hutan Pinus Mangunan. Di turunan curam dan berbelok, bus melaju dengan kencang hingga akhirnya menabrak tebing usai sopir membelokkan badan bus ke jalur berlawanan.

Kejadian ini mengakibatkan dua orang penumpang bus tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Bus saat itu mengangkut 53 orang anggota PKK yang berasal dari Gombang, Boyolali.

Rombongan tersebut berwisata ke Tebing Breksi, Prambanan kemudian ke Hutan Pinus Mangunan, Bantul. Setelahnya, rombongan hendak menuju Pantai Depok. Namun nahas, di dekat Bukit Bego, bus menabrak tebing.

Rahmi Rizal/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini