Share

Mengenal Suku-Suku Asli Kalimantan, Ada Dayak hingga Banjar

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 05 Februari 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 337 2542535 mengenal-suku-suku-asli-kalimantan-ada-dayak-hingga-banjar-SpPGYI23Te.jpg Suku Dayak (Foto: Antara)

INDONESIA merupakan negara yang kaya akan keberagaman. Memiliki ribuan pulau yang dihuni beragam suku.

Contohnya adalah Suku Dayak yang merupakan suku asli di Kalimantan. Namun, bukan berarti di Borneo hanya ada satu suku, tapi ada beberapa suku.

Berikut suku asli di Kalimantan: 

Suku Dayak 

Suku Dayak ini merupakan suku asli yang terbesar mendiami wilayah Kalimantan. Mereka masih tinggal di pedalaman Kalimantan.

Suku Dayak mempunyai enam rumpun besar, yaitu Klemantan, Iban, Apokayan, Murut, Ot Danum-Ngaju, serta Punan. Rumpun Punan merupakan rumpun tertua yang mendiami pulau Kalimantan.

Dalam kesehariannya, masyarakat Suku Dayak berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Dayak yang merupakan kategori bahasa Austronesia di Asia. Awalnya, suku ini mempunyai keyakinan tradisional yang disebut Kaharingan. Namun, sejak abad ke-19, sudah banyak orang Suku Dayak yang menganut agama Islam dan Kristen.

Suku Kutai 

Suku Kutai adalah satu suku yang mendiami Kalimantan Timur. Orang Kutai yang berdiam di Kalimantan Timur biasa disebut orang Melayu, seperti halnya suku bangsa Berau, Bulungan, dan Tidung. Orang Kutai menggunakan bahasa Melayu yang terbagi atas beberapa dialek.

Pada masa lalu, Suku Kutai mengenal lapisan sosial yang terdiri atas bangsawan, rakyat, serta budak. Orang Kutai mempunyai mata pencaharian di bidang pertanian. Selain itu, ada pula yang juga menjadi nelayan.

Orang Kutai yang beragama Islam oleh orang Dayak disebut Halo. Sedangkan penduduk lain yang berada di pedalaman dan yang tidak beragama Islam dinamakan Daya.

Suku Banjar

Suku Banjar adalah suku asli Kalimantan Selatan. Suku ini tersebar hampir di Kalimantan Selatan. Awalnya, Suku Banjar mendiami wilayah pesisir dengan mata pencaharian sebagai pedagang.

Orang Banjar memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Banjar. Pada mulanya penutur bahasa ini berada di sekitar wilayah Kalimantan Selatan. Namun, kemudian tersebar ke Kalimantan Timur, Pulau Laut, Sampit di Kalimantan Tengah, bahkan ke berbagai wilayah Indonesia.

Dalam sistem kekerabatan, orang Banjar menganut prinsip garis keturunan bilateral, artinya menarik garis keturunan pada pihak ayah dan pihak ibu. 

Suku Tidung

Suku Tidung adalah suku asli dari Kalimantan Utara. Masyarakat suku Tidung menempati beberapa daerah di Pulau Tidung. Selain itu, mereka juga menduduki kawasan Beluran, Sandakan, hingga ke Tawau, Sembakung, dan Malinau.

Dulu Suku Tidung dikenal dengan mata pencahariannya sebagai nelayan. Tak heran, permukiman penduduk masyarakat Suku Tidung banyak dijumpai sepanjang pesisir sungai.

Suku Tidung mempunyai bahasa daerah yang mirip dengan bahasa Melayu. Sebagian dari suku Tidung masih melakukan beberapa ritual yang berkaitan dengan tradisi nenek moyang, terutama yang berkaitan dengan tempat-tempat kramat. (ari)

Diolah dari berbagai sumber/Ensiklopedia Suku Bangsa di Indonesia/Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini