Share

Jokowi: Varian Omicron Dapat Disembuhkan Tanpa Harus ke Rumah Sakit

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 04 Februari 2022 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 337 2542266 jokowi-varian-omicron-dapat-disembuhkan-tanpa-harus-ke-rumah-sakit-78dd2WHbrj.jpg Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA — Kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak. Per Kamis 3 Februari 2022 terjadi penambahan kasus positif sebesar 27.197. Kondisi ini diperparah oleh varian Omicron yang telah menyebar luas di Tanah Air.

Kendati demikian, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat untuk tidak panik. Pasalnya varian Omicron tingkat fatalitasnya lebih rendah ketimbang varian Delta.

Karena itu pasien bergejala ringan tidak perlu dirujuk ke rumah sakit karena bisa sembuh dengan sendirinya.

Presiden pun memberikan tips kepada pasien Omicron agar kembali pulih dan dapat menjalani aktivitasnya seperti sediakala. Kunci kesembuhan pasien ada di isolasi mandiri selama lima hari dan mengonsumsi multivitamin.

"Perlu saya sampaikan, bahwa varian Omicron dapat disembuhkan tanpa harus ke rumah sakit. Pasien yang terpapar varian ini cukup melakukan isolasi secara mandiri di rumah, minum obat dan multivitamin, dan segera tes kembali setelah lima hari," ucapnya dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (4/2/2022).

Jokowi juga telah memerintahkan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk mengevaluasi leveling PPKM.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Kemudian Jokowi juga meminta Forkopimda di seluruh Indonesia menegakkan disiplin prokes serta mengakselerasi vaksinasi untuk meminimalisir korban.

"Lonjakan ini sudah diperkirakan dan diantisipasi oleh pemerintah dengan kesiapan-kesiapan kita yang sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun lalu baik dari segi rumah sakit, obat-obatan dan oksigen, fasilitas isolasi maupun tenaga kesehatan dan kondisi rumah sakit hingga saat ini juga masih terkendali. Untuk itu saya minta bapak ibu dan saudara-saudara semuanya untuk tetap tenang," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini