Share

Mantan Pramugari Garuda Indonesia Siwi Widi Kembalikan Uang Rp 647 Juta ke KPK

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Kamis 03 Februari 2022 06:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 337 2541623 mantan-pramugari-garuda-indonesia-siwi-widi-kembalikan-uang-rp-647-juta-ke-kpk-OiMfADrfyq.jpg Ilustrasi Mahasiswa (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Mantan Pramugari Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti, mengembalikan uang Rp647,85 juta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Uang tersebut diduga berasal dari dengan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan Pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Wawan Ridwan.

"Dari informasi yang kami terima, saksi Siwi Widi, saat inu telah mengembalikan seluruh uang yang diduga dinikmatinya sebagaimana uraian surat dakwaan JPU terkait dengan perkara yang sedang tahap pemeriksaan dipersidangan ini," ujar Plt Juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (2/2/2022).

Atas pengembalian uang tersebut, KPK pun mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Siwi. Namun, KPK meminta Siwi agar tetap bersaksi di persidangan meski telah mengembalikan uang.

"Namun demikian untuk menjadi lebih jelas dan terangnya perbuatan Terdakwa, tentu kami berharap saksi juga akan kooperatif hadir ketika keterangannya dibutuhkan di hadapan Majelis Hakim," kata Ali.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Diberitakan sebelumnya, dalam surat dakwaan Wawan Ridwan terungkap adanya transfer uang sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi dengan nilai total keseluruhan sebesar Rp647.850.000 (Rp647 juta).

"Mentransfer sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi Purwanti selaku teman dekat Muhammad Farsha Kautsar sejumlah Rp647.850.000.00," ujar jaksa KPK, M Asri Irwan saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (26/1/2022).

Wawan Ridwan sendiri didakwa telah melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan cara menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan hingga mengubah bentuk hasil tindak pidana suapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini