Share

Kisah Raja Majapahit Diam-Diam Hadiahkan Selirnya kepada Putranya di Palembang

Alvin Agung Sanjaya, Okezone · Kamis 03 Februari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 337 2541406 kisah-raja-majapahit-diam-diam-hadiahkan-selirnya-kepada-putranya-di-palembang-xOvXvbVb4S.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Raja terakhir Majapahit Prabu Brawijaya V harus lapang dada melepas kepergian istri selir baru nya yaitu Dewi Kian atas desakan dari Sang Permaisuri Ratu Dewi Dwarawati karena Sang Ratu merasa posisi nya sebagai permaisuri satu-satunya secara sepihak ingin digantikan dengan Dewi Kian.

Betapa pun berat hati yang dirasakan oleh Prabu Brawijaya V saat melepas kepergian Dewi Kian, tetapi ia menyadari bahwa tak ada jalan lain kecuali berpisah dengan Dewi Kian.

Setelah Dewi Kian menerima keputusan Raja Majapahit secara bulat, Prabu Brawijaya V kemudian berkirim surat kepada putranya Arya Damar yang menjadi seorang pembesar (gubernur atau adipati) di Palembang

Isi suratnya agar menjemput istri selir Dewi Kian di Pelabuhan Gresik. Tidak ada yang tahu pula bahwa dalam surat itu Prabu Brawijaya V berkenan menghadiahkan' Dewi Kian kepada putranya Arya Damar setelah melahirkan si jabang bayi yang dikandung Dewi Kian.

Begitulah suatu tradisi yang berkembang saat itu bahwa untuk memuliakan sang istri selir, maka dia justru diberikan kepada putra laki-lakinya, sehingga memiliki derajat yang sama dengan dirinya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Pada hari yang ditentukan, Prabu Brawijaya V benar-benar melepas kepergian istri selirnya Dewi Kian dengan hati pilu.

"Biarlah engkau diantarkan oleh Patih Majapahit bersama beberapa prajurit sampai ke Pelabuhan Gresik, lalu dari sana engkau akan dijemput oleh putraku Arya Damar" ujar Sang Prabu sambil mencium kening Dewi Kian.

Prabu Brawijaya V kembali berpikir itulah jalan terbaik yang mesti dilakukan oleh Dewi Kian, terutama guna mempersiapkan kecerdasan, kematangan, kedewasaan bagi putranya yang akan dididik langsung oleh Raden Arya Damar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini