Share

Kasus Covid-19 di Jakarta Tinggi, Kemenkes: Bukan Suatu yang Selalu Buruk

Dita Angga R, Sindonews · Sabtu 29 Januari 2022 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 29 337 2539779 kasus-covid-19-di-jakarta-tinggi-kemenkes-bukan-suatu-yang-selalu-buruk-vwcQJKos7w.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan yang juga Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan tingginya kasus di DKI Jakarta tidak selalu suatu hal yang buruk.

Menurutnya tingginya kasus penambahan covid yang dilaporkan menunjukkan upaya 3T yakni testing, tracing serta treatment berjalan.

“Mengapa DKI kemudian 4.000 ataupun kurang lebih 50% kasus yang dideteksi itu bukan suatu prestasi buruk justru effort yang sangat baik untuk mendeteksi. Justru kita akan menjadi bingung kalau kemudian kasus tidak ditemukan tapi banyak orang yang sakit. Itu justru tidak berjalan upaya 3T-nya,” katanya dalam Diskusi Polemik Trijaya Menahan Gelombang Omicron, Sabtu (29/1/2022).

Nada mengatakan bahwa penanganan di lapangan utamanya testing dan tracing menjadi sangat penting saat ini. Hal ini mengingat banyaknya kasus tidak bergejala atau bergejala ringan. Sehingga membuat masyarakat tidak terdorong melakukan pemeriksaan.

“Karena mereka merasa ah cuma batuk ringan. Apalagi kalau hilang sendiri 3-4 hari. Padahal mungkin adalah covid-19,” ungkapnya.

Dia mengatakan untuk Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah saat ini tracingnya cukup memadai. Namun untuk Yogyakarta dan Bali dengan kasus rendah tapi tracingnya masih belum maksimal.

“Nah ini yang harusnya perlu didorong karena bisa saja kasusnya jauh lebih banyak. Begitu juga tadi kalau di Jakarta memang tracingnya sudah pada level 2 artinya cukup tetapi jumlah kasus yg cukup tinggi. Kemudian kalau kita lihat Jawa Barat juga pada tracing dan testing yang ditingkatkan," tuturnya.

"Karena polanya tidak bergejala tadi akan menjadi suatu kesempatan yg luar biasa saat kita menemukan kasus positif memasukan testing tracing,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini