Share

Omicron Mirip Seperti Flu Biasa, Ini Bedanya

Erfan Maaruf, iNews · Sabtu 29 Januari 2022 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 29 337 2539746 omicron-mirip-seperti-flu-biasa-ini-bedanya-JdywhpmqpU.jfif Ilustrasi (Foto : Freepik)

JAKARTA - Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan menjelaskan sejumlah ciri-ciri manusia terpapar Covid-19 terutama varian omicron.

Erlina menyebut gejala Covid-19 varian omicron mirip dengan flu. Namun, pasien Covid-19 ini hampir 60 persen berhubungan dengan saluran nafas.

"Jadi mulai gatel tenggorokan kemudian nyeri dan akhirnya batuk. Dan biasanya batuknya kering karena tersumbat," katanya dalam Dialog MNC Trijaya, Sabtu (29/1/2022).

Tidak hanya itu, pasien terpapar Omicron akan merasa hidung tersumbat. Masyarakat kadang mengekspresikan sama dengan influensa. Tapi kali ada yang berbeda yakni kepalanya akan merasa nyeri dan badannya lemes.

"Kalau saya menyarakan yang nyeri tenggorokan itu saya sarankan melakukan pemeriksaan dan biasanya positif omicron," jelasnya.

Dia menyebut, dengan hampir samanya gejala omicron dengan flu biasa banyak masyarakat yang merasa hal itu biasa saja bahkan juga kadang tidak disertai demam. Dengan begitu banyak masyarakat akan menganggap gejala itu penyakit ringan.

"Kalau dia tidak mengetahui biasanya mereka santai dan menganggap ini flu biasa. Ini dengan kondisi omicron yang marak ini. Jangan terlalu menganggap enteng terutama pada lansia atau dengan orang yang komorbitnya tak terkendali atau penyakit bawaan," jelasnya.

Dia menjelaskan pasien dengan penyakit bawaan yang tak terkendali akan mengalami penurunan sistem imunitas tubuh. Masyarakat dengan memiliki penyakit bawaan, lansia, anak-anak akan lebih berat.

"Kalau dengan anak, lansia dan orang dengan komorbitnya kurang akan lebih berat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini