Share

3 Prajurit Gugur Ditembak KKB, Panglima TNI: Para Pelaku Harus Bertanggung Jawab!

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 28 Januari 2022 22:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 337 2539581 3-prajurit-gugur-ditembak-kkb-panglima-tni-para-pelaku-harus-bertanggung-jawab-ugSBoC5Fmi.jpeg Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan para pelaku anggota KKB penembak 3 prajurit TNI AD harus bertanggung jawab. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTAPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa meminta para Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyerang prajuritnya harus bertanggung jawab. Akibat dari tindakan itu, 3 prajurit TNI AD gugur.

"Para pelaku penembakan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya," ucap Andika di Mimika, Papua, Jumat (28/1/2022). 

Dia mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh para anggota KKB bertentangan dengan peri kemanusiaan. Andika mengaku pihaknya juga telah mempelajari latar belakang gugurnya tiga prajurit TNI AD.

Baca juga: 3 Prajurit Gugur, Panglima TNI Sebut Perbuatan KKB Bertentangan dengan Nilai Kemanusiaan

Eks Pangkostrad ini menegaskan bahwa prajuritnya sama sekali tidak melakukan provokasi terhadap KKB. Para korban justru mendapat serangan saat menjalankan tugas rutin. 

"Berdasarkan penjelasan dari beberapa individu yang juga berada di Ilaga, termasuk barusan juga dengan seluruh jajaran di Kodam Cenderawasih. Intinya, sebetulnya dari pihak TNI tidak ada sedikit pun usaha-usaha yang memprovokasi, tidak ada," ungkapnya. 

Dirinya juga telah melakukan evaluasi tentang apa yang harus dilakukan ke depannya, khususnya yang bertugas di Papua. Andika turut memastikan tidak akan menambah jumlah personel yang bertugas. 

"Untuk penambahan pasukan tidak ada, tetap menggunakan mereka yang bertugas di sana untuk melakukan tugas-tugas Kodim dan Koramil," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini