Share

Mahfud MD: Menegakan Hukum Tidak Selalu Sama dengan Menegakan Keadilan

Bachtiar Rojab, MNC Media · Jum'at 28 Januari 2022 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 337 2539256 mahfud-md-menegakan-hukum-tidak-selalu-sama-dengan-menegakan-keadilan-PNalTSATeb.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa menegakan hukum berbeda dengan menegakan keadilan.

Hal itu disampaikan Mahfud saat memimpin khutbah Jum'at di Masjid Istiqlal Jakarta, dalam pantauan langsung pihak MNC Portal, Jum'at (28/1/2022).

"Menegakan hukum tidak selalu sama dengan keadilan. Ada hukum belum tentu ada keadilan. Bangun keadilan itu di pengadilan, tapi terkadang keadilannya bisa diatur, prosesnya bisa diatur. Hingga tidak ada lagi keadilan di pemerintahan," ucap Mahfud dalam khutbah.

Mahfud menambahkan, bahwa seharusnya adil dalam aturan hukum harus ada di dalam pembuatan kebijakan pemerintahan.

"Adil dalam aturan hukum harus ada dalam pembuatan kebijakan pemerintahan. jika tidak ada, akan ada kesewenang-wanangan serta pengabaian hak masyarakat secara korup. Ketika pengadilan banyak yang tidak adil karena mafia hukum, hukum akan tumpul ke atas dan tajam ke bawah," Tegas Mahfud.

Adapun jika mengacu pada ajaran Agama (islam) dan Al-Quran, banyak amanah dan perintah dari Allah SWT agar manusia berlaku adil dan menegakan keadilan.

"Dalam Quran banyak amanah dan perintah dari Allah SWT bahwa kita sebagai manusia harus adil dan menegakan keadilan. Untuk memberihkan keadilan banyak jalan. Yaitu dengan menerapkan keadilan hukum, atau hukum yang berkeadilan," ucap Mahfud.

(kha)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini