Share

Resmi Ganti Nama Jadi Koopsudnas, KSAU: Bentuk Pengoptimalan Mempertahankan Wilayah Udara

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 28 Januari 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 337 2539204 resmi-ganti-nama-jadi-koopsudnas-ksau-bentuk-pengoptimalan-mempertahankan-wilayah-udara-F4pxkXsEyB.jpg KSAU Marsma Fadjar Prasetyo tegaskan Koopsudnas sebagai bentuk optimalisasi jaga pertahanan udara (Foto : MPI)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) di Kompleks Skuadron Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pembentukan Koopsudnas adalah langkah pengoptimalan tugas dan peran TNI AU dalam pertahanan wilayah udara NKRI.

"Ini adalah untuk mengoptimalkan tugas dan peran TNI Angkatan Udara dalam rangka mempertahankan wilayah udara NKRI yang sebelumnya dilaksanakan oleh Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) dibawah Panglima TNI lalu operasi udara, dukungan udara, operasi angkatan udara dan lain sebagainya dilaksanakan oleh Korps AU I II III, dan juga tugas-tugas yang dilaksanakan," kata Fadjar kepada awak media, Jumat (28/1/2022).

Fadjar pun berharap dibawah kendali Panglima Koopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono lebih optimal dari segi kekuatan dan pertahanan udara.

"Dengan adanya Koopsudnas ini, disatukan dibawah kendali Pangkoopsudnas berbintang tiga, dalam hal ini Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra. Dengan adanya ini, diharapkan kita lebih optimum dalam menggunakan kekuatan udara, baik pertahanan udara, dimana ada radar, pesawat buruh sergap, dan rudal hanud," tuturnya.

"Dan juga operasi-operasi udara dukungan seperti angkutan udara, SAR, dsb dan juga pertahanan pangkalan yang dilaksanakan oleh Paskhas saat ini berubah menjadi Kopasgat," ucapnya.

Lebih lanjut, Fadjar mewakili matra udara mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Ia juga berharap organisasi Koopsudnas dapat semakin besar dan modern.

"TNI AU mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden dan Panglima TNI. Harapan kami, organisasi ini bisa berkembang semakin besar dan modern dengan akan datangnya beberapa alutista baru," tuturnya.

Hadir dalam acara peresmian dan pelantikan mendamping KSAU diantaranya Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo, dan pejabat lainnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Sebagai informasi, Komando dan Pengendalian (Kodal) Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) kini tak lagi di bawah jajaran Mabes TNI. Kodal Kohanudnas kini dialihkan menjadi di bawah jajaran Mabesau.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, menerima alih Kodal Kohanudnas, Rabu (26/1/2022). Acara mengambil tempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pengalihan Kodal dari Mabes TNI ke Mabesau ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/46/I/2022.

Pengalihan itu ditandai dengan penyerahan Pataka Kohanudnas dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Marsekal Fadjar.

"Dengan Alih Kodal, diharapkan Kohanudnas dapat menjalankan tugas lebih optimal dan merupakan wujud nyata kesiapan TNI dalam menjawab tantangan TNI ke depan," jelas Dispenau dalam keterangannya, Rabu malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini