Share

Marsdya TNI Andyawan Martono Dilantik Pangkoopsudnas, KSAU : Saya Optimis!

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 28 Januari 2022 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 337 2539191 marsdya-tni-andyawan-martono-dilantik-pangkoopsudnas-ksau-saya-optimis-YL0MkXVzBQ.jpg Marsdya TNI Andyawan Martono dilantik jadi Pangkoopsudnas (Foto : TNI AU)

JAKARTA - Marsdya TNI Andyawan Martono resmi dilantik sebagai Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas). Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pun optimis Marsdya Andyawan bisa membawa organisasi ke arah lebih baik.

"Saya optimis marsekal mampu membawa orginsasi ini menuju arah yang sesuai harapan kita bersama," ucap Fadjar saat pelantikan di Mako Koopsudnas, Komplek Skadron Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (28/1/2022).

Fadjar juga mengucapkan selamat ke Marsdya Andyawan yang menjadi Pangkoopsudnas pertama. Menurutnya Marsdya Andyawan memiliki karakter dan kemampuan yang tepat dalam memimpin.

"Selanjutnya mengambil kesempatan yang baik ini selaku KSAU, saya ucapkan selamat kepada Marsekal Madya TNI Andyawan Martono sebagai Panglima Komando Operasi (koopudsnas) yang pertama," ujarnya.

"Saya menilai marksekal memiliki karakter yang dan kemampuan yang tepat untuk memimipin koopdusnas," tambahnya.

Fadjar ini sebuah langkah strategis guna menentukan satu komando dalam meningkatkan fokus dan koordinasi. Ia juga menekankan hadirnya Koopsudnas bisa menjadi leading sektor dalam operasi pertahanan udara.

"Ini adalah sebuah langkah strategis yang sangat menentukan dalam mewujudkan unity of command khususnya untuk meningkat fokus dan koordinasi dalam asset employement beserta dalam pengerahan kekuatan matra udara. Demgan demikian peresmian ini telah menetapkan Koopsudnas sebagai leading sector yang bertanggung jawab terhadap operasi pertahanan udara yang sebelumnya dilaksanakan oleh Koopsau serta operasi-operasi yang dilaksanakan Korpaskhas," tuturnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Sebagai informasi, Komando dan Pengendalian (Kodal) Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) kini tak lagi di bawah jajaran Mabes TNI. Kodal Kohanudnas kini dialihkan menjadi di bawah jajaran Mabesau.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, menerima alih Kodal Kohanudnas, Rabu (26/1/2022). Acara mengambil tempat di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pengalihan Kodal dari Mabes TNI ke Mabesau ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/46/I/2022.

Pengalihan itu ditandai dengan penyerahan Pataka Kohanudnas dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Marsekal Fadjar.

"Dengan Alih Kodal, diharapkan Kohanudnas dapat menjalankan tugas lebih optimal dan merupakan wujud nyata kesiapan TNI dalam menjawab tantangan TNI ke depan," jelas Dispenau dalam keterangannya, Rabu malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini