Share

4 Peristiwa Prajurit TNI Gugur di Papua, Nomor 3 Bikin Miris

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 28 Januari 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 337 2538935 4-peristiwa-prajurit-tni-gugur-di-papua-nomor-3-bikin-miris-Hy5gFmQ2rh.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Serda Rizal, Pratu Baraza, dan Pratu Rahman gugur saat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bukit Tepuk Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua. Ketiganya adalah satgas TNI yang bertugas di Batalyon Infanteri Raider 408/Suhbrastha (Yonif Raider 408/Suhbrastha).

Kematian personil Serda Rizal, Pratu Baraza, Pratu Rahman saat bertugas bukanlah hal yang baru untuk dunia TNI. Sebelumnya, telah ada personel TNI yang gugur akibat kelompok bersenjata demi menjaga NKRI. Berikut sederet personel TNI yang gugur saat bertugas :


1. Sersan Dua TNI, Miskel Rumbiak

Miskel Rumbiak merupakan personel Batalion Zeni Tempur 20/PPA yang gugur saat kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Kabupaten Maybrat, pada Rabu (20/1/2022).

Baca juga: 3 Prajurit TNI Gugur, 1 Anggota Kritis Ditembak Teroris KKB

Kala itu Miskel dan empat rekannya sedang membangun sarana jembatan penyeberangan, akses penghubung antara Kampung Fan Khario dan Kampung Kamat di Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat. Namun, tiba-tiba diserang kelompok bersenjata Papua hingga terjadi baku tembak.

Miskel dimakamkan di tanah kelahirannya di Kampung Priwen Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat secara militer, pada Jumat (22/1/2022). Saat upacara kematiannya, Miskel diberikan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi, yakni sersan satu anumerta. Sebab, ia gugur saat bertugas kepada masyarakat.


2. Serda Putra Rahaldi

Putra Rahaldi, pria asal Aceh yang menjadi anggota satgas TNI Koramil Suru-suru, Papua. Pada Jumat (3/12/2021), prajurit TNI Serda Putra Rahaldi harus gugur ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Suru-suru, Papua.

Baca juga:  2 Anggota TNI Gugur Ditembak KKB Teroris Ternyata Pasukan Elite Batalyon Raider

Saat itu, ia bersama rekannya sesama prajurit TNI hendak mengambil air di penampungan yang berjarak beberapa meter dari Pos Koramil Suru-suru, Timika, Papua. Serda Putra meninggal dunia setelah tertembak di bagian dada. Pada 4 Desember 2021, Serda Putra dimakamkan di Taman Bahagia, Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh.


3. Pratu Ida Bagus Putu S

 

Pratu Ida Bagus Putu S merupakan anggota TNI asal Kabupaten Landak, Kalimantan Barat yang gugur saat bertugas di Papua. Pratu Ida Bagus bersama Satgas Pamtas Yonif 403/WP Pos Kiwirok terlibat kontak senjata dengan kelompok separatis teroris (KST) Ngalum Kupel, pada Selasa (21/9/2021) sekitar pukul 06.53 WIT.

Kontak tembak terjadi saat pasukan TNI-Polri mengamankan lokasi pendaratan helikopter yang rencananya akan melakukan evakuasi jenazah Suster Gabriella Meilani (22). Suster Gabriella merupakan korban yang tewas akibat ulah KKB.

Sebagai penghormatan terakhir, Pratu Ida Bagus dinaikkan pangkat menjadi Praka Anumerta Ida Bagus Putu S. Jabatan mendiang tercatat sebagai Tabakpan 3 RO 1 Ton II Kipan B Yonif 403/WP Rem 072/Pmk.

4. Serda Amrosius Yudiman

Serda Ambrosius merupakan putra Sintang kelahiran Dusun Kedembak Merakai, Desa Senangan Kecil, Kecamatan Ketungau Tengah. Serda Ambrosius menjadi salah satu prajurit TNI yang gugur dalam serangan KKB di Maybrat, Papua Barat, Kamis (2/9/2021) dini hari.

Jenazahnya kala itu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumalaya Merakai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Serda Ambrosius adalah prajurit TNI Angkatan Darat yang bertugas di Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat. Pratitis Nur Kanariyati/Litbang MPI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini