Share

Pemerintah Lindungi Pembela HAM, Mahfud MD: Asal Jangan Lempar Batu Sembunyi Tangan

Riezky Maulana, iNews · Kamis 27 Januari 2022 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 337 2538728 pemerintah-lindungi-pembela-ham-mahfud-md-asal-jangan-lempar-batu-sembunyi-tangan-IXVQ3nFlQu.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD memastikan pemerintah akan memberikan perlindungan terhadap aktivis dan pembela hak asasi manusia. Menurut dia, pemerintah akan mendorong perjuangan dalam penegakan HAM.

"Tentu kita akan memberikan perlindungan dan mendorong para pembela HAM untuk berjuang mengakui HAM, kalau perlu juga memberikan fasilitas-fasilitas," ucap Mahfud, Kamis (27/1/2022).

Akan tetapi, Mahfud memberikan catatan agar para aktivis menyajikan fakta atau bukti ketika melakukan tudingan. Bukan berbicara seperti lempar batu sembunyi tangan.

Sebab, kata dia, membela hak asasi manusia merupakan tugas luhur dan hak dari masing-masing individu.

"Kalau menyatakan orang melakukan sesuatu apakah itu pejabat atau rakyat berlakukan dalil. Jika Anda mendalilkan Anda harus membuktikan, jangan lempar batu sembunyi tangan. Menuduh orang melakukan pelanggaran HAM atau korupsi tapi yang diminta membuktikan yang dituduh. Itu tak sesuai hukum, bukan pembela HAM," katanya.

Mahfud pun mengakui bahwasanya pelanggaran HAM memang sulit dibuktikan. Hal itu dikarenakan, di dalam masalah tersebut ada persoalan politis yang menyertai.

"Memang tidak mudah karena masalah pelanggaran HAM itu disamping rumit pembuktian juga ada masalah politis yg menyertai. Tapi kita harus usahakan untuk tetap di-clear-kan masalahnya," ungkapnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini