Share

Jokowi Terima Kunjungan PM Singapura di Bintan, Ini Penjelasan Istana

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 26 Januari 2022 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 337 2538086 jokowi-terima-kunjungan-pm-singapura-di-bintan-ini-penjelasan-istana-m3aLBBBdkk.jpg Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Singapura di Bintan (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, di The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa, 25 Januari 2022.

Penyambutan tersebut cukup berbeda dari tamu negara lainnya. Presiden Jokowi biasanya menerima tamunya di Istana Presiden di Jakarta ataupun di Bogor, namun kali ini menyambutnya di Bintan, Kepri.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengatakan bahwa alasan Presiden Jokowi bertemu PM Singapura di Bintan dikarenakan jadwal kunjungan kerja yang berdekatan serta terkait otoritas navigasi penerbangan kedua negara.

"Yang pertama kan terkait air nav lokasi sekitar Bintan. Kedua jadwal Presiden pas ke Sumsel dan sekitarnya," kata Heru kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Flight Information Region Jakarta Lingkupi Seluruh Teritorial Indonesia, Termasuk Kepri dan Natuna

Diketahui dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong turut menyepakati beberapa kerja sama di antaranya pertukaran dokumen antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dengan Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Republik Singapura tentang Perluasan Kerangka Pembahasan Indonesia-Singapura.

Baca juga: Jokowi Bahas Kerja Sama Pemulihan Ekonomi dengan PM Singapura

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selain itu, kedua negara juga menandatangani kesepakatan terkait perjanjian ekstradisi, persetujuan Flight Information Region (FIR), dan pernyataan bersama Menteri Pertahanan kedua negara tentang komitmen untuk memberlakukan perjanjian kerja sama pertahanan.

Kedua negara juga menyepakati kerja sama di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, Jokowi juga menyambut baik rencana penandatanganan MoU on Human Capital Partnership Arrangement. MoU ini akan memperkuat kerja sama riset, penguatan kelembagaan, dan pertukaran mahasiwa guna memperkokoh konsep Kampus Merdeka di Indonesia.

Baca juga: 55 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia-Singapura Perkuat Kerja Sama Bilateral

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini