Share

Pengurus PBNU 2022-2027 Akan Dikukuhkan pada 31 Januari

Widya Michella, MNC Media · Rabu 26 Januari 2022 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 337 2537815 pengurus-pbnu-2022-2027-akan-dikukuhkan-pada-31-januari-2022-i412KjmLrr.jpg PBNU (Foto: Ist)

JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2022-2027 akan dikukuhkan pada akhir Januari 2022. Pengukuhan akan digelar di Gedung Dome, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Agenda pengukuhan sekaligus membuka rangkaian acara Hari Lahir (Harlah) Ke-96 NU berdasarkan penanggalan masehi hingga Harlah Ke-99 NU pada 16 Rajab 1443 atau 17 Februari 2022 mendatang.

Baca Juga:  Diduga terlibat Politik Praktis, PBNU Panggil Ketua PCNU Banyuwangi dan Sidoarjo

Ketua Panitia Pengukuhan PBNU H Saifullah Yusuf mengatakan, pada agenda pengukuhan dan pembukaan Harlah NU akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, serta seluruh jajaran PBNU. Acara ini pun akan disiarkan langsung melalui kanal-kanal media sosial resmi yang dimiliki NU, sehingga bisa diikuti oleh seluruh warga NU se-Indonesia.

“Nanti di Kaltim ini akan ada pencanangan gedung PBNU di Ibu Kota Negara (IKN) baru oleh ketua umum dan ada pertemuan dengan warga NU di Penajam Paser Utara. Insyaallah dilakukan pada 30 Januari 2022,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul dikutip dalam laman resmi NU Online pada Rabu (26/1/2022).

Agenda pengukuhan pengurus PBNU akan dilangsungkan keesokan harinya, 31 Januari 2022. Kemudian, dilanjut dengan rapat perdana yang dipimpin oleh Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Baca Juga:  Datangi Kemenkumham, Gus Yahya Daftarkan Kepengurusan Baru PBNU

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Timur Syaparudin mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, sebagai upaya persiapan pengukuhan PBNU.

“Diawali dengan pertemuan kepada Gubernur Kaltim (Isran Noor) di Samarinda. Setelah itu, kita melakukan langkah-langkah koordinasi dengan berbagai pihak. PCNU dengan pemerintah kota Balikpapan, didampingi PBNU untuk mengambil langkah-langkah teknis menyukseskan kegiatan pengukuhan ini,” ucap dia.

Selain itu, bersama pengurus cabang dan utusan dari PBNU, PWNU Kaltim juga telah melakukan koordinasi dengan PCNU Kota Balikpapan. Lalu melakukan pertemuan dengan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, serta bertemu dengan Kepolisian Daerah (Polda) Balikpapan.

“Alhamdulillah semua menyatakan siap mendukung pelaksanaan pengukuhan PBNU. Insyaallah besok, Rabu, kita diundang Polda Kaltim, bersama lintas pemerintah dan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait untuk persiapan pengukuhan PBNU di Balikpapan,” kata Syaparudin.

Sebagai informasi, setelah agenda pengukuhan PBNU dan pembukaan Harlah NU itu dilangsungkan di Kaltim, kegiatan selanjutnya akan dilangsungkan di Nusa Tenggara Timur. Di sana, Harlah NU akan dirangkai dengan acara temu nelayan.

Kemudian, puncak Harlah NU akan dilangsungkan di Jawa Timur, tepatnya di Pondok Pesantren Syaichona Cholil di Bangkalan, Madura.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini