Share

Peristiwa 26 Januari: Garuda Indonesia Berdiri

Tim Okezone, Okezone · Rabu 26 Januari 2022 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 337 2537797 peristiwa-26-januari-garuda-indonesia-berdiri-DUAEx78qqC.jpg Pesawat Garuda Indonesia (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Sejumlah peristiwa penting terjadi pada 26 Januari setiap tahunnya. Beberapa peristiwa di antaranya masuk ke dalam catatan sejarah dunia.

Berikut ulasan singkat sejumlah persitiwa mendunia yang diringkas Okezone merujuk dari berbagai sumber:

1500 - Vicente Yanez Pinzon Menemukan Brasil

Vicente Yanez Pinzon pertama kali menemukan negara Brasil. Ia merupakan seorang pelaut dan penjelajah asal Spanyol yang berhasil mencapai pesisir Pernambuco (sekarang di Brasil).

Baca Juga:  Peristiwa 13 Januari: Penemuan Satelit Callisto

Tak hanya seorang diri, Pinzon bersama Christopher Columbus dan kakaknya Martin serta Fransisco. Ia menjadi penjelajah pertama ke dunia baru.

Mereka berhasil mencapai pesisir Pernambuco. Namun dalam perjanjian Tordesillas, Spanyol tidak dapat memberi penegasan apa pun pada daerah tersebut. Sehingga, Pinzon menamai tempat itu dengan nama Cabo de Santa Maria de la Consolacion (Tanjung Santa Maria sang Pelipur Lara).

1565 - Pertempuran Talikota Kannada

Pada 26 Januari 1565 terjadi pertempuran Talikota antara Kekaisaran Wijayanagara dan Kesultanan Dekkan, yang dipimpin Raja dan Jenderal Dekkan Rama Raya. Pertempuran ini mengakibatkan mundurnya Wijayanagara dan mengakhiri sebagai kerajaan Hindu terbesar di India Selatan.

Baca Juga:  Peristiwa 12 Januari : Gempa Haiti Tewaskan 230 Ribu Orang

Talikota terletak di Karnataka Utara yang berjarak sekitar 80 kilometer sebelah tenggara Bijapur. Pertempuran melibatkan 140.000 tentara, 10.000 kuda, dan lebih dari 100 gajah. Namun, tidak diketahui jumlah korban akibat perang ini.

1788 - Australia Day

Tanggal 26 Januari 1788 menjadi hari bersejarah bagi warga Australia. Mereka menyebutnya perayaan Hari Australia karena tibanya Armada Pertama di Kota Sydney.

Di balik perayaan tersebut ternyata banyak pertentangan terjadi. Salah satunya suku-suku Aborigin menentang perayaan Hari Australia.

Mereka menyebutnya sebagai hari penjajahan, karena dianggap sebagai penghancuran budaya setempat. Tak hanya itu, Kapten Arthur Philip mengklaim secara resmi koloni New South Wales di bawah Britania Raya. Akibatnya sejak 1808 baru diperingati sebagai hari raya Australia (setelah 30 tahun pendaratan). Sehingga pada 1994, hari tersebut menjadi hari raya umum secara resmi di seluruh negeri.

1949 - Maskapai Garuda Indonesia Berdiri

Maskapai ini mulai beroperasi pada 28 Desember 1949, namun tiga hari sebelumnya sudah melakukan penerbangan bersejarah menggunakan pesawat DC-3 dengan registrasi PK-DPD milik KLM Interinsulair.

Keberangkatan dari Yogyakarta ke Jakarta tersebut membawa Ir Soekarno untuk menghadiri upacara pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS). Kala itu perusahaan penerbangan pertama ini bernama Garuda Indonesian Airways yang diberikan oleh Bung Karno.

Ketika itu Garuda Indonesia sudah memiliki 27 pesawat terbang, staf terdidik, bandara, dan jadwal penerbangan. Kesiapan Garuda Indonesia inilah yang membuat berbeda dengan maskapai lainnya di Asia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini